Wajibkah Seserahan Saat Lamaran?

0856 4591 3004 , Seserahan Lamaran
0856 4591 3004 , Seserahan Lamaran

Wajibkah pria menyerahkan seserahan atau hantaran saat acara lamaran? Apa maknanya? Bagaimana dengan isi seserahannya? Dalam artikel kali ini, Anaria wedding surabaya akan membahas mengenai seserahan. Baik secara adat, waktu penyerahannya, dan tips mengenai isinya. Jika dilihat dari sisi adat budaya, seserahan adalah salah satu ritual yang harus dilakukan, sama pentingnya dengan ritual lain dalam upacara pernikahan. Tetapi, bukan berarti seserahan ini wajib. Hanya saja, jika pasangan sudah sepakat untuk melakukan serangkaian upacara adat dalam pernikahannya, maka seserahan ini sebaiknya dilakukan saja karena pelaksanaannya pun tidak terlalu ribet.

Makna dari seserahan ini intinya adalah sebagai tanda tanggung jawab pihak pria terhadap wanita, bahwa calon mempelai pria mampu memenuhi kebutuhan calon istrinya. Selain itu, mengapa pria dirasa perlu menyerahkan seserahan? Karena, pada adat Jawa dan Sunda, yang memiliki hajatan atau yang melaksanakan pesta dan syukuran sebenarnya adalah pihak mempelai wanita. Maka, dalam hal ini seserahan dari pihak pria adalah sebagai bentuk bantuan pada pihak wanita. Karena, dalam seserahan bisa juga berisi uang ataupun makanan.

Dalam adat Jawa, seserahan dilakukan setelah prosesi lamaran atau nglamar telah dilangsungkan. Karena setelah proses nglamar, kedua keluarga telah mencapai kesepakatan untuk melangsungkan ritual selanjutnya. Seserahan dalam adat Jawa adalah sebagai saat penyerahan peningset, atau semacam pengikat secara tak resmi dari pihak calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Dalam adat Sunda, biasanya seserahan diberikan pada malam sebelum akad nikah atau pada ritual ngeuyeuk seureuh. Tetapi tidak selalu begitu, seserahan bisa juga diserahkan pada saat hari akad nikah. Sebenarnya bagaimana peran seserahan ini secara fungsi? isi seserahan biasanya adalah barang-barang yang dibutuhkan mempelai wanita, seperti baju, make up, alat perawatan tubuh, perhiasan, atau makanan. Maka, sebaiknya isi seserahan ini, selain disesuaikan dengan budget mempelai pria, juga menuruti keinginan dan kebutuhan mempelai wanita.