web counter
09.00 - 17.00 WIB
031-5484342
info@anaria-wedding.com

Undangan Pernikahan Surabaya Siap Cetak, Ini 7 Daftar Tamu yang Tidak Layak Diundang

Monday, July 23rd 2018.

Undangan Pernikahan Surabaya Siap Cetak, Ini 7 Daftar Tamu yang Tidak Layak Diundang

Setelah merampungkan persiapan undangan pernikahan surabaya, kini saatnya bagi kedua mempelai untuk mulai menyebar kartu undangan kepada para kerabat dan rekan – rekan.

Menyebar undangan juga tak bisa serampangan atau asal sebar, pasalnya hal ini akan sangat berkaitan dengan budget pernikahan.

Memang benar, semakin banyak tamu yang diundang, perhelatan di hari bahagia akan semakin meriah. Akan tetapi, layak dipertimbangkan berapa besaran budget pernikahan yang sudah dipersiapkan.

Jangan sampai besar pasak daripada tiang, yang nantinya membuat Anda ujung – ujungnya harus berhutang.

Cara yang paling tepat untuk menyebarkan undangan pernikahan surabaya adalah menentukan terlebih dahulu berapa jumlah tamu yang akan diundang. Setelah itu, baru didaftar nama – nama undangan siapa saja yang akan dikirim kartu undangan.

Nah, agar tidak bingung atau merasa sungkan kepada teman yang tidak diundang, berikut ini adalah daftar tamu yang boleh tidak diundang dalam pernikahan agar lebih hemat biaya:

1. Teman yang sudah tidak pernah berkomunikasi lagi dalam waktu lama

Teman- teman lama seperti teman sekolah SD atau SMP mungkin dahulu menjadi geng akrab di masa kecil. Akan tetapi, berhubung semua sudah bekerja atau merantau, Anda jadi sulit menghubungi dan berkomunikasi.

Rasanya tidak perlu sungkan atau dianggap masih wajar jika Anda tidak mengirimkan undangan pernikahankepada mereka. Dengan alasan faktor jarak dan hubungan pertemanan yang sudah lagi tidak terlalu dekat. Jadi, pertimbangkan untuk mengeliminasi jenis teman seperti ini agar daftar tamu lebih ringkas.

2. Teman media sosial yang berada di luar negeri

Sah – sah saja mengundang teman media sosial. Hanya saja patut dipertimbangkan lagi faktor jarak. Apakah lokasi rumah mereka dengan tempat tinggal masih bisa dijangkau. Jika teman media sosial berada di luar negeri, lebih baik kabarkan saja lewat media sosial atau email.

Pun apabila Anda tidak mengundang mereka, sebenarnya masih hal yang sangat wajar mengingat lokasi jarak yang tidak memungkinkan.

3. Teman masa kecil yang Anda bahkan sudah lupa namanya

Di waktu kecil, teman sepermainan memang seolah adalah saudara yang dianggap bak keluarga. Setiap hari bermain bersama.

Namun, seiring bertambah usia, teman – teman masa kecil sudah mulai mencari penghidupan masing – masing. Bahkan, Anda mungkin sudah lupa namanya, karena berpuluh – puluh tahun tidak berjumpa.

Memang tidak ada salahnya mengundang mereka, jika Anda masih dalam satu desa atau satu kawasan. Namun, jika sudah tidak pernah berkomunikasi lagi, lebih baik tidak perlu diundang.

4. Komunitas teman dari orang tua kita

Pernikahan biasanya menjadi ajang reuni atau bersilaturahim dari orang tua dan kawan – kawannya. Akan tetapi, demi memangkas biaya pengeluaran pernikahan, sebaiknya diskusikan kembali jika akan mengundang kawan – kawan komunitas dari orang tua kita.

Biasanya, orang tua akan turut mengundang kelompok komunitasnya seperti pengajian, arisan atau klub mereka. Jika memang orang tua menghendaki, sebaiknya didiskusikan mengenai pembengkakan biaya. Tapi, jika memang dana terbatas, mereka tidak terlalu perlu diundang.

5. Teman  – teman dari saudara kita

Teman dari kakak atau adik Anda sebenarnya juga tidak perlu masuk dalam daftar tamu yang harus diundang. Jika memang teman tersebut sangat akrab seperti keluarga atau sering bermain ke rumah, tidak apa – apa untuk diundang. Namun, yang paling perlu diundang sebenarnya adalah teman dan sahabat Anda sendiri.

6. Teman yang rumahnya di luar kota

Saat ini memang jarak sudah tidak terlalu signifikan untuk mengundang seseorang ke acara pernikahan kita. Adanya transportasi yang sangat memadai dan cepat, membuat siapa saja dengan mudah bisa bepergian. Tapi, jika teman kita rumahnya jauh berada di luar kota dan mungkin dia juga harus bekerja, tidak perlu diundang jika memang tidak terlalu akrab.

7. Mantan pacar

Pernikahan adalah momen tepat untuk membuka lembaran baru. Dan tida perlu lagi mengungkit “luka lama”. Mantan pacar atau mantan kekasih mungkin sekarang hanya teman biasa, tapi mengundangnya ke pesta pernikahan Anda mungkin bisa menyakiti pasangan sah Anda saat ini, dan bisa berdampak buruk untuk hari – hari pernikahan di masa depan. Jadi, lebih baik tidak perlu mengundang mantan pacar yang hanya akan menyinggung perasaan pasangan Anda.

***

Ingin mencetak undangan pernikahan surabaya untuk pesta hari bahagia? Hubungi kami sekarang juga di website souvenirnikah.co.id atau melalui WA/ LINE 0856 4591 3004. Kami siap melayani kebutuhan pernikahan seperti undangan, souvenir, dan jasa hias mahar atau seserahan.

Rp 42.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 16.500
Rp (Hubungi CS)
Rp 17.500
Rp 61.500