Tradisi Prosesi Siraman Adat Jawa

 Tradisi Prosesi Siraman Adat Jawa – Upacara Siraman Adat Jawa

Prosesi Siraman adalah  salah  satu  adat  tradisi  masyarakat di Pulau Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogja, Solo dan Jawa Timur). Bagaimana prosesi siraman ini dilakukan? masing-masing daerah memiliki sedikit perbedaan pada prosesi siraman calon pengantin, namun pada intinya prosesi siraman yang dilakukan dengan simbol mengguyurkan air pada calon pengantin oleh para sesepuh / orang yang dituakan dalam keluarga, adalah untuk membersihkan jiwa dan raga bagi calon mempelai sebelum dilakukan ijab kabul / akad nikah.

Air yang digunakan untuk prosesi siraman biasanya jika memungkinkan akan diambil dari 7 mata air yang terdapat didaerah tersebut. Air siraman tersebut kemudian diberi kembang setaman yang disebut dengan Banyu Perwitosari. Tradisi / Prosesi Siraman pada pengantin jawa ada yang dilakukan secara terpisah antara calon pengantin pria dan wanita, namun juga dapat dilakukan secara bersamaan.

Pada prosesi siraman tersebut, biasanya calon pengantin wanita diberikan kesempatan pertama. Calon pengantin wanita menggunakan kain batik dengan motif Grompol yang dirangkapi kain mori putih sepanjang dua meter dengan posisi rambut diurai bebas. Biasanya juru rias adalah orang yang mendapatkan giliran pertama sekaligus memberi doa-doa di siraman kepada calon pengantin. Siraman berikutnya dilakukan oleh anggota keluarga yang dituakan, dan diakhiri oleh oleh kedua orang tuanya.

Baca Juga :  Ide Kreatif Blangko Undangan Kekinian

Jumlah penyiram pada setiap prosesi siraman, dilakukan dalam bilangan ganjil bisa berjumlah tujuh orang atau sembilan orang. Tujuh orang mempunyai makna pitulungan atau pertolongan (tujuh dalam bahasa jawa adalah pitu, diartikan pitulungan), jika dilakukan sembilan orang berarti membersihkan babahan hawa sanga (sembilan lubang yang ada pada tubuh manusia).

Setelah proses siraman / mengguyurkan air selesai diteruskan dengan prosesi pecah kendi didepan calon mempelai wanita yang merupakan simbol dari pecah pamor. Yaitu keluarnya pamor dari calon mempelai wanita, yang juga berarti bahwa calon pengantin wanita sudah siap untuk menikah. Pecahan kendi tadi disebut dengan kreweng yang masih akan digunakan pada acara dodol dawet. Selanjutnya calon mempelai wanita dibopong (gendhongan) oleh kedua orang tuanya menuju kamar pengantin untuk di-paes, yakni proses merias dengan menghilangkan rambut halus / Potong Rikmo (bulu roma dibagian tengkuk dan dahi) agar tampak bersih dan dibentuk seperti hiasan rambut para bidadari.

Pada saat paesan pada calon pengantin wanita, giliran calon pengantin pria untuk disiram dengan tata cara dan urutan yang sama. Setelah itu dilakukan prosesi dodol dawet (jualan dawet). Pada acara Dodol Dawet, kedua orang tua mempelai putri jualan dawet, yang mempunyai makna memberi contoh bagaimana nantinya mencari nafkah sebagai suami istri. Uniknya yang membeli dawet tersebut menggunakan kreweng / pecahan kendi pada acara pecah kendi.
Setelah semua prosesi selesai maka berakhirlah acara siraman, sebagai bentuk rasa terima kasih anda untuk para tamu undangan yang sudah hadir maka anda akan memberikan Souvenir.
Bagi anda yang berencana memesan Souvenir Siraman, sekarang anda tidak perlu khawatir lagi. Kami, Anaria Wedding Surabaya melayani pemesanan Souvenir Siraman Surabaya. Kami juga memasang harga yang kompetitif dan bisa nego sesuai budget calon pengantin.

Bagi anda yang berasal dari luar kota Surabaya pun bisa memesan via online dengan mengunjungi facebook page dan website kami. Dari media online kami, anda bisa melihat model-model Souvenir Siraman, Souvenir Pernikahan hingga Hantaran Pernikahan yang bisa anda pesan. Bahkan kami sudah mengirim karya souvenir Anaria wedding, ke berbagai kota dan pulau di seluruh Indonesia. Ingin melihat koleksi Souvenir Anaria Wedding Surabaya…? Silahkan kunjungi website dan bisa menghubungi kami dengan kontak di bawah ini.

Baca Juga :  Berburu Souvenir Pernikahan lucu dan unik Surabaya

ANARIA WEDDING Showroom

Kompleks Ruko PHI Jl. Kranggan No. 73 E Surabaya

TELP/SMS/WA 0856 4591 3004 | PIN BB 74073784 | www.souvenirnikah.co.id

 

SR-28. Siraman Keranjang Roda
Tradisi Prosesi Siraman Adat Jawa – 0856 4591 3004 – Anaria Wedding

 

 

 

Ikuti update kami di social media