Waktu Yang Tepat Untuk Mempersiapkan Pernikahan

Waktu Yang Tepat Untuk Mempersiapkan Pernikahan – Semua bayangan tentang pernikahan akan mulai terpikirkan setelah melaksanakan pertunangan. Dari sini, anda mulai memiliki bayangan bagaimana anda nanti akan memakai pakaian terbaik bersama pasangan anda, melewati lorong dan menjadi pusat perhatian para tamu undangan. Memahami berapa lama waktu yang anda butuhkan serta apa yang harus anda lakukan dalam proses pernikahan adalah sangat penting. Mengapa hal ini sangat penting? Karena kondisi seorang pengantin lebih baik dijaga agar stress tidak terjadi dan membuat acara berantakan jauh dari harapan.

Secara garis besar, terdapat beberapa opsi waktu dimulainya persiapan dan apa saja yang dapat dilakukan, antara lain sebagai berikut:

  • Satu tahun + beberapa hari menjelang pernikahan
  • Enam bulan menjelang pernikahan
  • Tiga bulan menjelang pernikahan

Waktu Yang Ideal Bagi Calon Pengantin

Rencana yang manakah yang dapat menjadi pilihan akhir anda untuk mempersiapkan pernikahan dengan perfect? Memiliki waktu yang lebih banyak merupakan salah satu pilihan ideal bagi calon pengantin. Dengan banyaknya waktu yang dimiliki akan lebih baik dalam membuat sebuah perencanaan serta memikirkan konsep yang benar – benar sesuai harapan keluarga besar pemilik acara. Selain itu, pasangan pengantin dapat memikirkan hal-hal yang lain seperti tujuan honeymoon, memilih tempat yang indah dan populer serta dapat menambah anggaran yang dibutuhkan untuk keperluan pernikahan.

Beberapa saran perencanaan berdasar lamanya waktu yang bisa membantu anda untuk merencanakan pernikahan.

Satu tahun + beberapa hari menjelang pernikahan

Waktu Yang Tepat Untuk Mempersiapkan Pernikahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan besarnya anggaran yang dapat digunakan.

Dengan adanya anggaran yang disepakati dan ditetapkan akan lebih mudah untuk menentukan berbagai macam kebutuhan anda dengan baik dan tanpa melupakan besar kemampuan yang ada pada diri anda untuk mencukupi kebutuhan. Sehingga anda dapat menentukan titik awal adalah untuk menentukan prioritas mulai tempat diselenggarakannya acara hingga hidangan pribadi untuk anda dan keluarga.

Pada langkah kedua berikut anda harus memikirkan bagaimana pesta pernikahan anda akan dilangsungkan?

Seberapa besar pesta pernikahan anda nanti? Siapa sajakah yang akan menghadiri? Dan yang terpenting tema apa yang akan anda gunakan dalam acara pernikahan anda? Tentu saja semua hal dalam langkah kedua ini diambil berdasarkan anggaran dana yang sudah ditentukan dalam langkah pertama. Langkah kedua ini menjadi brainstorming anda yang paling awal.

Berkomitmen mengenai tempat dan tanggal serta menghubungi pihak penyedia tempat untuk pemberitahuan bahwa tempat tersebut akan digunakan.

Setelah melakukan hal ini anda dapat berperan dalam kegiatan yang lain. Mengambil potret tentang anda dan keluarga atau dengan tunangan anda dapat dijadikan opsi sehingga anda mendapat bahan tambahan untuk lampiran undangan atau kartu simpan tanggal yang akan anda sebar.

Selanjutnya, jika anda telah berada pada midway untuk menentukan acara anda, maka anda dapat melakukan hal hal untuk menekan pengeluaran anda seperti mulai survey mengenai cathering, fitting baju yang mungkin merupakan salah satu opsi anda ataupun hal-hal yang lain. Selain itu anda juga perlu menyiapkan lagu lagu yang akan diputar, perencanaan transportasi dan lain sebagainya yang perannya di back stage.

Dengan banyaknya waktu yang tersedia inilah yang merupakan salah satu keuntungan perencanaan acara dengan waktu tenggang satu tahun menjelang pernikahan. Anda dapat memilih segalanya dengan opsi terbaik dan anda dapat melakukan penekanan biaya karena banyaknya opsi yang ada. Saat hampir menjelang hari acara dilaksanakan, inilah langkah-langkah terakhir yang harus anda lakukan

  1. Membuat jadwal pernikahan dan melakukan hal-hal yang sederhana untuk cooling down otak serta fisik demi adanya performa yang sempurna dalam hadirnya anda di pernikahan. Sangat disayangkan apabila perencanaan yang matang tidak memiliki jadwal yang pasti dalam acara nantinya.
  2. Penyelesaian dan chek in dengan vendor atau perencana pernikahan. Serta melakukan pembayara- pembayaran yang ada agar ketika pasca nikah, seperti bulan madu tidak ada beban yang masih ditanggung.

Enam bulan menjelang pernikahan

Biasanya, calon pengantin yang memiliki pilihan untuk melakukan persiapan hanya dengan waktu enam bulan adalah tipe yang simple. Karena semua kegiatan akan dapat dirampingkan hanya dengan berbagai teknologi yang ada. Serta dengan waktu enam bulan maka waktu menuju hari bahagia akan semakin dekat. Hal inilah yang akan membuat persiapan dijalankan dengan rasa semangat sepanjang proses dan akan mengurangi stress yang biasanya melanda beberapa calon pengantin. Hal hal yang harus dipersiapkan adalah

Persiapan Pernikahan
Persiapan Pernikahan

Hal terpenting dalam waktu enam bulan adalah menentukan segala unsur dalam pernikahan se-selaras mungkin.

Tidak dapat dipungkiri, hal ini akan menghabiskan waktu paling banyak dalam pemilihan dan pemikiran serta penyempurnaannya.

Memilih undangan dengan cepat akan menjadi momentum yang tepat agar tema yang dipilih dapat segera diputuskan dengan berbagai macam pelengkapnya.

Selain itu, pemilihan tanggal serta tempat akan lebih mudah di selesaikan dengan tema undangan yang sudah dipilih.

Manfaatkan teknologi canggih tentang adanya perencanaan online atau online event organizer.

Dengan banyaknya pilihan akibat kecanggihan teknologi, pengarutan tenggat waktu,tugas dan timeline anda akan lebih mudah dikendalikan hingga diminimalisirnya beberapa permasalahan yang mungkin akan muncul jika diatur secara manual yaitu dengan kemampuan anda pribadi.

Mempersingkat waktu akan semakin memperbaiki progress persiapan acara.

Misalkan saja adanya hadiah dari keluarga seperti gaun keluarga yang diwariskan, hanya memerlukan sedikit waktu untuk mengubahnya atau hadiah dari kolega yang terkadang bisa dijadikan salah satu pelengkap design venue.

Selain dua penjelasan diatas maka pembahasan akan dilanjut dengan persiapan pernikahan tiga bulan dimuka. Dengan singkatnya waktu yang dipilih untuk mempersiapkan pernikahan, hal ini bukan suatu alasan untuk membuat sebuah acara yang memiliki kenangan bertahan seumur hidup

Tiga bulan menjelang pernikahan

Menjelang Pernikahan
Menjelang Pernikahan

Jangan panik dengan adanya tenggat waktu yang ada.

Ambillah bantuan dengan menggunakan beberapa alat digitan perencanaan pernikahan. Hal ini dapat anda ambil karena dalam waktu dekat anda akan selalu produktif dalam mengambil setiap langkah untuk mempersiapkan hari itu.

Prioritas menjadi hal yang harusnya paling menjadi perhatian anda.

Merencanakan sesuatu dengan pasangan tentu akan leebih mudah karena keputusan diambil bersama dan merupakan perwujudan harapan masing-masing dalam pernikahan.

Penelitian adalah strategi yang bagus untuk detik detik terakhir.

Penelitian yang dimaksud berupa list tamu yang diundang serta kebutuhan para tamu seperti alat transportasi yang akan memastikan tamu datang dengan aman.

Jangan meremehkan bantuan orang yang anda cintai.

Dalam mencari photographer biasanya juga memerlukan waktu lama untuk memilih diantara opsi yang ada. Oleh karena itu manfaatkan jiwa sosial yang menawarkan jasanya untuk membantu kebutuhan dalam pernikahan anda. Tidak ada salahnya kan?

Pernikahan dengan tujuan juga tidak ada salahnya untuk anda lakukan. Pernikahan ini biasanya dilakukan diluar negeri atau tempat pilihan anda dengan tujuan sekaligus rekreasi. Pernikahan ini memiliki persiapan tidak jauh beda dengan hal 3 waktu diatas. Dengan memilih pernikahan ini anda akan lebih cepat menyebar undangan dan memberi kesempatan pada aplikasi digital perencanaan pernikahan untuk membantu anda. Selain itu, pernikahan ini biasanya akan direncanakan satu setengah tahun untuk mencapai kesempurnaan acara.

Dukungan dari vendor pernikahan berpengalaman dan profesional akan turut menyempurnakan pesta pernikahan. Dapatkan beragam ide undangan nikah, souvenir dan jasa hias mahar atau seserahan hanya dari vendor ternama di Jawa Timur, souvenirnikah.co.id

Tim customer care kami melalui WA yang tertera di web ini siap membantu Anda, untuk pemesanan bisa hubungi juga telp. 031 5484342 bagi Anda yang berada di sekitar Jawa Timur atau luar kota.