Tips Memilih Souvenir Pernikahan

Tips Memilih Souvenir Pernikahan – Souvenir pernikahan adalah penyemarak dalam acara pernikahan. Kehadirannya mungkin sulit dilepaskan dari keberadaan pernikahan dewasa ini. Dengan semakin berkembangnya model macam-macam souvenir pernikahan yang ada di pasaran, tentu kita perlu memilih dari sekian banyak jenis dan macam-macam souvenir pernikahan tersebut.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Menentukan Souvenir Pernikahan

Saat ini terdapat begitu banyak macam-macam souvenir pernikahan yang unik, souvenir pernikahan murah dansouvenir pernikahan berkualitas sampai souvenir pernikahan dengan harga selangit. Namun keputusan dalam memilih macam-macam souvenir pernikahan tersebut tetap ada di tangan calon mempelai. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan souvenir pernikahan yang akan kita pakai di hari istimewa kita;

Sesuaikan Souvenir Pernikahan Dengan Tema Pernikahan Anda

Dewasa ini mulai dikenal sebuah acara pernikahan tematik. Maksud dari tematik di sini adalah pernikahan yang menonjolkan hal-hal tertentu mulai dari dekorasi tempat pernikahann, sampai pakaian pengantin. Misalnya ada yang memilih tema pernikahan merah maroon, maka sebagian besar hal yang berkaitan dengan acara pernikahan dipilih warna marun. Dalam hal ini, kita juga perlu mempertimbangkan souvenir untuk acara pernikahan tersebut. Pembelian souvenir pernikahan yang bertema merah marun. Ini dimaksudkan untuk memberikan kesan kepada tamu undangan pernikahan, bukan untuk hal-hal yang berbau klenik tentang peruntungan dan semacamnya. Kita tentu tidak mau mengawali lembaran baru hidup kita dengan kemusyrikan bukan?

Tentukan Ukuran Souvenir Pernikahan

Sebagian orang berpendapat bahwa acara inti dalam sebuah pernikahan adalah acara makan-makannya. Jika kita jeli, kita bisa mengambil ini sebagai sebuah pertimbangan dalam pemilihan souvenir pernikahan. Souvenir pernikahan yang kelewat besar tentu mempersulit para tamu undangan dalam menikmati hidangan bukan? Tangan yang satu menenteng souvenir pernikahan sedangkan tangan yang lain bekerja “menggali” makanan dari piring sambil mempertahankan agar tidak ada yang jatuh. Baik souvenir pernikahan maupun makanannya.
Namun begitu, bagi pengantin yang sudah mantap dengan souvenir pernikahan tertentu yang berukuran besar ada solusinya. Yakni dengan memberikan kupon souvenir pernikahan. Kupon ini diberikan pada saat tamu undangan masuk dan di situ ditulis: “Silahkan tukar kupon ini dengan souvenir pernikahan pada saat anda akan pulang”. Tentu anda sudah tahu artinya bukan?

Pilih Souvenir Pernikahan yang fungsional

Apa yang akan terjadi dengan souvenir pernikahan yang tidak berguna? Yup, salah satunya adalah berakhir di tempat sampah. Bagi anda yang menyelenggarakan acara pernikahan, tentu tidak mau ini terjadi bukan? Untuk itu, kita perlu memilih souvenir pernikahan yang berguna. Entah itu souvenir pernikahan tempat pensil, souvenir pernikahan tempat perhiasan, souvenir pernikahan tempat kartu nama dan macam-macam souvenir pernikahan lainnya. Dengan begitu tentu orang yang menerima souvenir pernikahan ini akan berpikir dua tiga kali untuk membuang souvenir pernikahan yang iya dapat. Apakah hanya yang berguna saja yang lebih besar berpeluang untuk “selamat” dari pembuangan? Tidak. Souvenir pernikahan yang unik juga dapat membuat orang untuk selalu menyimpannya. Meskipun tidak mempunyai fungsi yang spesifik, souvenir pernikahan yang lucu atau souvenir pernikahan unik serta souvenir pernikahan  berkualitas biasanya akan dipajang pemiliknya di meja atau di ruang tamu.

Sesuaikan Jumlah Souvenir Pernikahan 

“Mohon maaf souvenir pernikahannya sudah habis”. Tentu anda tidak ingin kata-kata tersebut terucap kepada separuh tamu undangan acara pernikahan anda bukan? Jika anda setuju dengan pertanyaan tersebut, kita perlu membuat rumusan mengenai jumlah undangan pada acara pernikahan yang kita sebar dengan jumlah souvenir pernikahan yang kita pesan. Jika kita memberikan 1 undangan pernikahan kepada teman kita yang sudah menikah, tentunya kemungkinan terbesar yang datang ke pesta pernikahan kita adalah 2 orang. Teman kita dan pasangannya. Untuk mereka, kita bisa saja sedikit melarang; “maaf mas/mbak ini satu untuk satu pasangan”.

Tapi bagaimana jika yang kita undangan adalah teman kita yang sudah punya dua orang anak? Memberi 1 souvenir saja bisa-bisa membuat suasana jadi gaduh. Apa yang terjadi? Anak-anak teman kita tadi berebutan.

Mempertimbangkan hal-hal tersebut kita sudah bisa menebak bahwa salah satu jumlah aman yang kadang dipakai orang untuk souvenir pernikahan adalah sebanyak undangan yang disebar. Itu adalah jumlah aman minimal. Jika anda termasuk orang yang berprinsip “lebih baik sisa daripada kurang” anda bisa mempertimbangkan jumlah souvenir yang 1,5x jumlah undangan yang anda sebar. Ini berarti jika jumlah undangan yang kita sebar 100pcs jumlah souvenir yang kita siapkan 150pcs.

Yang saya maksudkan adalah souvenir pernikahan yang merangkap sebagai undangan pernikahan (atau anda bisa menyebut undangan pernikahan yang merangkap souvenir pernikahan, terserah saja). Undangan tersebut berbentuk kipas sehingga beberapa orang menyebutnya undangan kipas/kipas undangan. Sehingga selain berfungsi sebagai undangan, bisa juga berfungsi sebagai souvenir. Sebuah solusi bagi yang ingin berhemat, namun tetap elegan.

Itulah beberapa tips memilih souvenir pernikahan yang bisa anda lakukan, namun untuk mendapatkan souvenir yang tepat anda bisa memulainya dengan meminta bantuan dari vendor khusus yang terbiasa dengan membantu calon pengantin untuk mendapatkan souvenir yang tepat.

Kami souvenirnikah.co.id  juga merupakan vendor pernikahan dengan menyediakan beragam kebutuhan calon pengantin seperti souvenir, undangan, mahar, hantaran dan seserahan. apabila anda ingin berdiskusi atau konsultasi sekitar pernikahan yang berhubungan dengan pemilihan souvenir yang tepat, and bisa klik tombol whatsapp yang ada di bawah artikel ini.  happy bride to be…