Susunan Acara Pernikahan

Susunan Acara Pernikahan – Pernikahan adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh keluarga terutama calon pasangan suami istri. Dengan ikatan pernikahan, pasangan akan sah secara agama maupun negara. Menikah juga membuat pasangan yang belum muhrim menjadi muhrim. Di hari pernikahan, dua orang yang dinikahkan mengucapkan ikrar di hadapan para saksi, wali, dan penghulu. Ikrar ini disebut dengan ijab qobul.

Susunan Acara Pernikahan
Susunan Acara Pernikahan

Ijab qobul dilaksanakan di acara akad nikah. Biasanya dilakukan di rumah mempelai atau di masjid. Setelah mengucapkan ijab dan qobul yang sah, maka pasangan sudah sah menjadi pasangan suami dan istri. Biasanya, setelah acara akad nikah akan digelar acara resepsi pernikahan.

Menggelar acara pernikahan memang membutuhkan persiapan materi yang cukup matang. Acara pernikahan yang sukses juga menjadi keinginan setiap orang. Salah satu kunci kesuksesan dari acara pernikahan adalah susunan acara pernikahan. Dengan susunan acara yang terjadwal dan tepat akan membuat acara yang dibawakan oleh MC menjadi menarik dan lancar. Entah itu dari segi acara maupun waktu tiap acaranya.

Oleh karena itu, sebelum melaksanakan acara pernikahan, ada baiknya Anda mempelajari susunan acara pernikahan yang baik untuk diterapkan selama acara. Apa saja? mari kita simak berikut ini :

A.           Susunan Acara Akad Nikah

Susunan Acara Pernikahan - Akad Nikah
Susunan Acara Pernikahan – Akad Nikah

Acara akad nikah adalah acara yang terpenting dalam sebuah pernikahan. Karena di dalamnya ada ijab qobul yang sakral. Itulah penentu sah tidaknya pernikahan tersebut. Jadi, susunan acara harus tersusun dengan rapi agar acara tetap berjalan hikmat dan lancar. Inilah susunan acaranya :

  1. Final checking sebelum memulai acara. Pastikan semua pihak pria maupun wanita sudah berada di lokasi dan siap untuk memulai acara. Biasanya keluarga dari pihak wanita harus lebih dulu di lokasi akad untuk menyambut kedatangan keluarga pihak pria.
  2. Acara dimulai di lokasi akad nikah dan dibuka oleh MC.
  3. Setelah dimulai oleh MC, dilanjutkan Acara Sambutan yaitu keluarga dari pihak pria memasuki ruangan lokasi akad dilaksanakan.
  4. Dilanjutkan dengan Acara Sambutan Perwakilan dari perwakilan pihak keluarga calon pengantin pria kepada keluarga calon pengantin wanita.
  5. Selanjutnya adalah Acara Sambutan Balasan, yaitu dari perwakilan pihak keluarga calon pengantin wanita kepada keluarga calon pengantin pria.
  6. Acara Serah Terima, yaitu berjabat tangan yang menjadi symbol kedua keluarga telah saling menerima dari pihak pengantin wanita maupun pria.
  7. Selanjutnya masuk ke acara Seserahan. Acara ini berupa ibu dari calon pengantin pria menyerahkan segala seserahan yang sudah mereka siapkan kepada ibu dari calon pengantin wanita, tentunya secara simbolis.
  8. Dilanjutkan dengan Acara Penerimaan Calon Pengantin Pria. Disini, ayah dan ibu dari calon pengantin wanita secara simbolis menerima calon pengantin pria. Ini dilakukan dengan cara mengalungkan bunga melati lalu di bawa ke lokasi akad nikah.
  9. Selanjutnya adalah acara paling sakral yaitu Ijab Qobul, dimulai oleh MC.
  10. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Quran Surat Annisa Ayat 1 serta Surat Ar-Ruum ayat 21.
  11. Dengan ditemani oleh tantenya, calon pengantin wanita dibawa ke meja dilaksanakannya Ijab Qobul serta duduk di sebelah kiri calon pengantin pria.
Baca Juga :  Inspirasi Souvenir Pernikahan Eksklusif dan Elegan

Menurut pernikahan islami, saat acara Ijab Qobul dari pihak calon suami dilaksanakan, calon pengantin wanita berada terpisah yaitu di tempat khusus seperti kamar atau dibalik tirai. Setelah proses Ijab Qobul selesai, maka pengantin wanita menemui pihak pria.

  1. Dilanjutkan dengan Ijab Qobul yang dipimpin oleh penghulu serta acara Khotbah Nikah.
  2. Setelah sah, dilanjutkan dengan penyerahan mahar dan pemasangn cincin. Dilanjutkan pula dengan penyerahan buku nikah oleh penghulu kepada mempelai pria dan wanita.
  3. Acara Nasihat Perkawinan dilanjutkan dengan Doa yang dipimpin penghulu.
  4. Setelah itu, Acara Sungkeman yang diatur oleh MC untuk kedua pasang orang tua agar duduk di tempat yang sudah disediakan.
  5. Sesi Foto Bersama yang menandai akhir dari acara akad nikah.

Setelah melaksanakan acara akad nikah, biasanya akan dilanjutkan dengan acara resepsi dengan mempertimbangkan jarak waktu yang harus dihabiskan untuk persiapan dan menempuh lokasi resepsi.

B.           Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Susunan Acara Pernikahan - Resepsi Nikah
Susunan Acara Pernikahan – Resepsi Nikah

Acara yang satu ini cukup bervariasi, tergantung dengan tema pernikahan yang dibawakan. Apalagi acara resepsi biasanya mengikuti adat daerah masing-masing. Susunan acara resepsi bisa disesuaikan dan diubah secara fleksibel. Acara ini memang terlihat seperti hiburan apabila tidak terlalu mengikuti adat yang kental. Namun, Anda bisa mengikuti susunan acara di bawah ini :

  1. Acara Hiburan yang biasanya dimulai dari 30 menit sebelum resepsi. Anda bisa mengisi beberapa hiburan yang diinginkan. Biasanya dalam pernikahan islami diisi dengan hiburan Nasyid dan sejenisnya.
  2. Dilanjutkan dengan Acara Pembukaan oleh MC. Kedua mempelai dan kedua pasang orang tua serta keluarga besar juga harus bersiap untuk acara selanjutnya.
  3. Acara Kirab Pengantin, yaitu masuknya rombongan ke dalam ruangan resepsi pernikahan. Kirab diiringi oleh musik dan tari hingga duduk ke pelaminan.
  4. Sesi Foto. Sesi ini adalah waktu berfoto para mempelai bersama kedua keluarga.
  5. Acara Sambutan yang diserahkan kepada perwakilan dari kedua keluarga mempelai.
  6. Acara Doa
  7. Acara Ramah Tamah, Hiburan, Foto Bersama. Acara ini dilaksanakan dengan santai dan membutuhkan durasi paling lama. Inilah waktunya tamu undangan untuk mengucapkan selamat kepada pengantin serta berfoto hingga acara selesai.
Baca Juga :  Inspirasi Tren Undangan Pernikahan Motif Bunga

Susunan acara resepsi bisa diubah-ubah sesuai dengan kondisi dan acara yang akan dilaksanakan. Selain itu, setiap daerah memiliki adat yang berbeda-beda. Waktu dan persiapannya juga harus lebih matang mengingat resepsi membutuhkan dekorasi ruangan yang banyak.

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyiapkan pernikahan, mulai dari dekorasi ruangan, lokasi, hiburan, makanan untuk tamu, dan yang paling penting adalah MC. Pilihlah MC yang tepat agar bisa membawakan acara dengan lancar.

Tak hanya MC, acara pernikahan juga membutuhkan pembagian panitia yang tepat. Ada yang mengurus dekorasi, undangan, hiburan, makanan, hingga penyewaan lokasi akad dan resepsi. Semua tidak bisa dilakukan dengan cepat tanpa pembagian tugas. Anda juga bisa menyewa wedding organizer atau WO yang Anda percaya agar tidak ribet. Namun, jika Anda memiliki keluarga besar yang siap membantu dan berpartisipasi, maka Anda bisa memilih panitia dari keluarga sendiri.

Pastikan persiapan pernikahan dilakukan dari jauh-jauh hari agar tidak terlalu kesulitan. Ada banyak yang harus disiapkan, jadi jangan membuat acara yang terlalu mendadak. Sebarlah undangan pernikahan dalam tempo waktu yang tidak terlalu dekat dengan hari H.

Agar bisa tepat sesuai rencana, pastikan Anda hanya menggunakan jasa vendor undangan yang terpercaya. Percayakan saja pada souvenirnikah.co.id. Kami melayani kebutuhan souvenir, undangan serta jasa hias mahar dan seserahan yang berkualitas dan bergaransi.

Kontak kami melalui WA yang tertera di website ini atau bisa juga kontak kami di 031 5484342. Info selengkapnya atau portofolio, follow akun instagram official @anaria_wedding.

 

Ikuti update kami di social media