Souvenir Nikah Jenis Tumbuhan yang Mudah Dirawat

Souvenir Nikah Jenis Tumbuhan yang Mudah Dirawat – Aksi mengkampanyekan peduli lingkungan dengan membagikan benih hingga bibit tanaman sebagai souvenir sudah bukan hal yang baru lagi. Tren tersebut sudah beberapa tahun belakangan berkembang. Siapapun calon pengantin yang memilih benih atau bibit tanaman sebagai souvenir patut diapresiasi, karena langkah yang dilakukan cukup membantu menghijaukan bumi. Tetapi agar bibit atau benih tidak sia-sia, ada beberapa poin yang harus diperhatian calon pengantin sebelum menentukan pilihan bibit apa yang akan diberikan.

Souvenir Nikah Jenis Tumbuhan
Souvenir Nikah Jenis Tumbuhan

Calon pengantin pasti ingin benih atau bibit yang diberikan ditanam dengan baik oleh para tamu yang menerima suvenirnya. Namun perlu diingat juga bahwa tidak semua tamu memiliki kesabaran dan banyak waktu untuk merawat tanaman, terlebih beberapa jenis tanaman memerlukan perhatian khusus agar bibit terus tumbuh tidak layu dan mati. Sehingga agar bibit atau benih tetap terjaga baik, calon pengantin pun harus selektif memilih bibit yang mudah dirawat tanpa memerlukan banyak perhatian. Dan berikut ini beberapa jenis bibit yang mudah dirawat.

Mistletoe Cactus (Spesies Rhipsalis)

Kaktus merupakan tanaman yang memiliki daya tahan cukup kuat terhadap paparan terik matahari dan tidak banyak memerlukan air. Mistletoe Cactus dari spesies rhipsalis ini salah satunya, tumbuhan ini sangat cocok hidup di dataran rendah hingga dataran tinggi. Bahkan dapat hidup di dalam ruangan sekalipun. Dalam merawatnya pun tidak sulit, siram kaktus saat media tanam kering dan sedikit beri pupuk NPK daun sebulan sekali. Dengan begitu tamu yang membawa pulang dapat meletakkan Mistletoe Cactus di atas meja kerjanya.

Bambu Hoki

Bambu hoki, bambu jepang atau bambu cina merupakan tanaman asal Cina yang dipercaya membawa keberuntungan bila diperoleh sebagai hadiah. Sejalan dengan kepercayaan itu, tidak jarang bambu hoki dijadikan souvenir pernikahan agar tamu yang membawa pulang akan memperoleh keberuntungan. Walau dinamakan bambu, tanaman ini bukan termasuk jenis bambu melainkan spesies Dracaena Sanderiana. Untuk menanamnya pun ada dua jenis, melalui cara hidroponik (menggunakan media air) atau menggunakan media tanah. Karena bambu hoki tidak menyukai terlalu banyak sinar matahari, tanaman yang dipercaya masyarakat Cina dapat mendatangkan chi atau energi positif ini, cocok menghiasi ruang kantor. Tetapi perlu diwaspadai, daunnya memiliki kandungan racun dalam kadar ringan sehingga bagi yang ingin merawatnya penting menghindarinya dari jangkauan anak-anak.

Sirih Gading

Tanaman menjalar ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki kemampuan bertahan cukup hebat. Tanpa banyak memerlukan sinar matahari langsung, tanaman bernama latin Epipremnum Aureum ini mempunyai bentuk daun yang unik serta warna daunnya yang tidak hanya hijau selain itu ada juga yang memiliki belang kuning. Mengapa sirih gading cocok dijadikan souvenir karena perawatannya yang mudah tanpa setiap hari harus menyiram atau memberi pupuk. Sirih gading pun dapat tumbuh dengan pot berisi air yang dapat diletakan di meja kerja yang akan menyejukkan mata.

Sukulen

Termasuk keluarga kaktus, sukulen sedikit berbeda dengan kaktus karena sukulen memiliki kemampuan untuk mengikat air dalam jumlah banyak. Sehingga sukulen mampu tumbuh baik dengan kondisi sedikit air bahkan kering sekalipun. Sifat sukulen yang tidak perlu disiram setiap hari membuatnya cocok dijadikan souvenir agar tamu yang tidak memiliki banyak waktu dapat merawatnya. Penyiraman tergantung pada kondisi sukulen, ada yang menyarankan penyiraman dilakukan sekali dalam seminggu pada musim hujan dan siram 2 kali seminggu pada musim kemarau. Agar diperhatikan, sukulen yang mempunyai kemampuan mengikat air sebaiknya tidak disiram setiap hari karena akan menyebabkan sukulen membusuk.

Bagi para calon pengantin yang peduli lingkungan dan bumi kita, yuk memberikan bibit atau benih tanaman. Harga satu pot bibit pun cukup terjangkau hanya 10.000/ pot dan sudah dikemas cantik serta diberi label nama pengantin. Untuk lebih menekan bujet, ada opsi lain dengan memberi souvenir benih dalam bentuk biji-bijian yang dimasukkan ke dalam kantung kertas.