Seserahan dan Hantaran Sejarah dan Cerita Dibalik Ritual Ini

Seserahan dan Hantaran Sejarah dan Cerita Dibalik Ritual Ini

Seserahan dan Hantaran Sejarah dan Cerita Dibalik Ritual Ini

Seserahan merupakan salah satu ritual atau acara yang paling penting di acara pernikahan. Baik itu pernikahan tradisional maupun modern, karena acara ini merupakan sebuah warisan dari nenek moyang yang diturunkan secara turun menurun hingga bertahan saat ini. Seserahan sendiri merupakan acara simbolik yang dilakukan dari pihak mempelai pria sebagai bentuk tanggung jawab ke keluarga calon pengantin wanita. Acara ini dipraktekkan dalam rangkaian acara pernikahan di Pulau Jawa, dari Jawa Barat hingga Timur.

Acara seserahan ini biasanya dilangsungkan pada saat malam hari sebelum akad nikah dilaksanakan pada acara midodareni untuk adat Jawa sedangkan untuk adat Sunda sendiri di namakan ngeyeuk seureuh. Tetapi tak menutup kemungkinan bahwa acara seserahan ini juga dilakukan atau dilangsungkan pada saat acara resepsi pernikahan dimulai. Namun saat ini prosesi seserahan ini telah berkembang mengikuti perkembangan zaman. Terkadang justru pihak dari mempelai wanita sendiri yang memilih barang apa saja yang akan dimasukkan ke dalam prosesi seserahan itu sendiri.

Sejarah dimulainya tradisi ini pun masih belum diketahui sejak kapan. Tidak ada tulisan yang menjelaskan asal muasal tradisi ini dimulai. Diperkirakan sebelum agama islam masuk ke pulau Jawa, tradisi ini sudah dimulai oleh para nenek moyang kita. Setelah agama islam masuk pun, tradisi atau prosesi simbolis ini masih dipertahankan karena menyimpan nilai yang luhur dan moral tanggung jawab yang tinggi dalam mengarungi bahtera rumah tangga ke depannya. Itu mengapa tradisi simbolis ini masih dipertahankan hingga saat ini.

Sebelum Anda menyiapkan apa saja yang ada dalam seserahan, ada baiknya Anda membuat daftar dari barang yang akan disertakan di dalam kotak seserahan. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan calon istri Anda barang apa saja yang akan disertakan di dalam acara prosesi seserahan ini. Dalam adat Jawa sendiri, barang yang di masukkan ke dalam prosesi seserahan ini sebaiknya diberikan dalam jumlah yang ganjil. Sedangkan jumlahnya, ditentukan atas hasil kesepakatan bersama.

Direkomendasikan Anda juga harus meminta saran atau mengajak calon mempelai wanita Anda untuk memilih apa saja barang yang harus berada di dalam seserahan, ini karena berhubungan dengan selera dari pihak wanita itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa barang yang pada umumnya disiapkan sebagai barang-barang untuk acara seserahan.

Bila Anda berminat untuk konsultasi atau memesan langsung kebutuhan seserahan? Hubungi tim sales dan customer care kami di nomor 0856 4591 3004. Kami siap mewujudkan pernikahan impian Anda.

Seserahan dan Hantaran Sejarah dan Cerita Dibalik Ritual Ini