Puisi Pernikahan Romantis untuk Janji Nikah yang Berkesan Seumur Hidup, Simak 10 Tipsnya

Puisi Pernikahan Romantis untuk Janji Nikah – Siapa pun ingin menjadikan hari pernikahannya menjadi kenangan yang indah, bukan hanya untuk pasangan pengantin, tapi juga keluarga besar maupun kerabat yang menjadi saksi penyatuan cinta. Salah satu cara untuk melakukannya adalah menulis janji nikah dan membacakannya di depan pasangan dan banyak orang yang menghadiri pernikahanmu.

Puisi Pernikahan Romantis
Puisi Pernikahan Romantis

Tapi menulis wedding vow atau janji nikah mungkin tampak sulit dan berat, tapi percayalah ini adalah kesempatan terbaik untuk menceritakan kisah, mengenang apa yang membuat hubunganmu semakin akrab dan berbagi kata-kata yang bermakna dan manis dengan orang yang dicintai. Selain itu, membacakan janji nikah juga menunjukkan komitmen pada pasangan dan melakukannya di depan keluarga dan teman-teman. Jika ingin menambahkan sentuhan romantis ini, bisa menggunakan beberapa tips berikut.

Cari Inspirasi

Mulailah dengan membaca janji nikah yang biasanya diucapkan dalam upacara pernikahan sesuai dengan keyakinanmu. Tapi ada baiknya jangan hanya menirunya, tapi gunakan sebagai inspirasi untuk menuliskan kata-katamu atau gunakan saja sebagai titik awal. Setelah menemukan beberapa contoh puisi pernikahan misalnya, pertimbangkan gaya yang menarik.

Cari Inspirasi

Jika menyukai janji nikah yang terkesan romantis dan puitis, puisi Aku Ingin karya Sapardi Djoko  Damono.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu

kepada api yang menjadikannya abu.

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana

dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan

kepada hujan yang menjadikannya tiada.

Sepakati Format bersama Pasangan

Jika memang ingin memasukkan janji nikah dalam upacara pernikahanmu, putuskan bersama dengan pasangan. Misalnya menginginkan gaya yang jujur dan apa adanya atau puitis dan romantis, menulisnya secara terpisah atau bersama-sama, atau tetap merunut janji nikah yang sudah ada. Hal ini akan membuat penulisan janji nikah terasa lebih mudah dan akan terasa serasi dan harmonis dengan janji nikah yang dibuat oleh pasangan.

Luangkan Waktu untuk Mendalami Hubunganmu

Luangkan waktu untuk merenungkan pasanganmu. Pikirkan bagaimana perasaan Anda ketika pertama kali bertemu, apa yang membuatmu jatuh cinta dan kapan Anda tahu jika ingin menghabiskan sisa hidup bersamanya. Tulis semuanya untuk memicu kreativitas saat menulis janji nikah.

Waktu Untuk Mendalami Hubungan

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan tertentu dan pikirkan tentang hal-hal seperti mengapa memutuskan untuk menikah, masa sulit yang telah dilalui bersama, tantangan apa yang Anda bayangkan untuk masa depan, apa yang ingin dicapai bersama, apa yang membuat hubungan Anda berubah, apa yang Anda pikirkan ketika pertama kali melihat pasangan Anda, hingga kapan menyadari bahwa Anda sedang jatuh cinta padanya. Pertanyaan lain seperti apa yang paling Anda hormati tentang pasangan, bagaimana hidup menjadi lebih baik sejak bertemu dengan pasangan Anda, serta apa yang paling dirindukan dari pasangan saat sedang berpisah.

Munculkan Janji Pada Pasangan

Namanya juga janji nikah, tentunya apa yang Anda janjikan pada pasangan merupakan bagian terpenting. Sertakan janji-janji yang luas cakupannya, misalnya berjanji untuk selalu ada untuk pasangan dalam situasi sedih maupun senang. Bisa juga menyisipkan hal-hal yang sangat spesifik untuk Anda berdua, misalnya membiarkan pasangan untuk melakukan hobinya pada hari-hari tertentu.

Tuliskan Semuanya

Sekarang setelah Anda memiliki bahan yang akan dituangkan menjadi janji nikah, kini Anda siap menulis draf pertama. Jangan bingung, cobalah untuk memecahnya menjadi empat bagian garis besar, yaitu penegasan cinta, puji pasanganmu, tawarkan janji dan tutup dengan sumpah terakhir. Cara lain untuk membuat janji nikah yang sempurna adalah memulainya dengan cerita pendek dan kemudian menutupnya dengan janji-janji yang diberikan pada pasangan.

Hindari Kalimat yang Klise

Setelah memiliki konsep pertama, sekarang saatnya untuk mengedit. Ambil inspirasi dari puisi pernikahan dan buku non-religius, dan bahkan dari film-film romantis, tapi jangan biarkan kata-kata orang lain mendominasi. Anda ingin janji nikah yang dibuat tetap terasa personal dan menggambarkan hubungan dan cintamu pada pasangan. Hal itu tidak akan terjadi jika setiap kata dipinjam dari sumber lain.

Hindari Kalimat Klise

Apalagi jika mengandalkan kalimat klise, seperti cinta itu buta, maka pesan yang disampaikan dalam janji nikah terdengar kurang tulus. Gunakan kata-kata yang menggambarkan pasangan dengan kata-katamu sendiri untuk menyampaikan pesan yang bermakna mendalam.

Hindari Mengupas Hal yang Memalukan

Simpan saja cerita memalukan yang terjadi saat Anda bertemu dengan pasangan atau saat pertama kai berkencan. Dalam pernikahan, ada banyak orang yang diundang, termasuk keluarga dan teman-teman yang akan menjadi saksi janji nikah yang akan didengungkan.

Hindari Hal Memalukan

Ini artinya tempatkan batasan dalam menyebutkan lelucon, rahasia pribadi, nama panggilan, atau kata sandi yang tidak jelas. Pikirkan bagaimana janji nikahmu akan terdengar 10 tahun dari sekarang. Agar janji nikah terasa lebih santun, tidak ada salahnya memperlihatkan pada teman atau anggota keluarga dan mendapatkan feedback yang baik.

Temukan Tempat yang Tenang untuk Menulis dari Hati

Tempat Untuk Menulis Puisi Pernikahan Romantis
Tempat Untuk Menulis Puisi Pernikahan Romantis

Jangan berencana menulis janji nikah yang romantis saat pasanganmu berada di ruangan lain dengan suara TV yang cukup keras atau ketika memiliki deadline kerja yang membuatmu makin stres. Temukan waktu yang tepat, misalnya saat tingkat stres rendah dan mampu menghabiskan beberapa menit untuk memikirkan hubunganmu dengan pasangan.

Persingkat Janji Nikah

janji nikah Puisi Pernikahan Romantis
janji nikah Puisi Pernikahan Romantis

Janji nikah itu penting, tapi bukan berarti harus mengatakannya berulang-ulang, jadi pilihlah poin-poin terpenting dan gunakan sebagai inti dalam pembuatan janji nikah. Bacakan janji nikah dan jika berjalan lebih dari dua menit, lakukan beberapa pengeditan. Masukkan beberapa ide yang lebih pribadi dalam surat atau hadiah kepada pasangan Anda yang diberikan saat hari pernikahan dan simpan topik yang berkaitan dengan tamu.

Berlatih dengan Keras

Mungkin terdengar agak canggung, tetapi ini benar-benar cara terbaik untuk persiapan. Ingatlah untuk berlatih, dengarkan dirimu dan lakukan perbaikan. Janji nikah sebaiknya dapat dengan mudah diucapkan dan terdengar jelas. Jika memiliki kalimat yang terlalu panjang, potong menjadi kalimat yang lebih pendek. Ingat, ketika akan mengucapkan janji nikah , berdirilah tegak, lihat pasangan dan gunakan tangan secara ekspresif hanya dalam gerakan kecil.

Buat Salinan untuk Diri Sendiri

Salinan Puisi Pernikahan Romantis
Salinan Puisi Pernikahan Romantis

Bisa saja mencoba menghafalkan janji nikah, tapi suasana pernikahan yang emosional terkadang membuatmu lupa akan jalinan kata-kata yang sudah dibuat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membuat kertas berisi janji nikah. Pastikan ukurannya tidak terlalu besar yang akan merampok perhatianmu ketimbang memandang wajah pasangan. Jika perlu, minta orang lain, seperti pemuka agama yang memimpin upacara pernikahan atau pendamping pengantin untuk membacakan janji nikah. Anda tinggal mengulanginya dari kata per kata hingga selesai.

Tidak sulit untuk menulis janji nikah yang romantis dan memberikan kesan yang mendalam, terutama untuk pasangan. Cari inspirasi dari sekelilingmu, mulai dari puisi pernikahan, film, atau kenangan dalam hubunganmu sendiri.

***

Mau mewujudkan pernikahan impian yang berkesan seumur hidup? Serahkan pada ahlinya, vendor souvenir, undangan dan jasa hias mahar serta seserahan yang terpercaya di Jawa Timur. Platform souvenirnikah.co.id

Kami sudah lebih dari satu dekade dipercaya ribuan pasangan pengantin di seluruh Indonesia dan perusahaan untuk menyediakan produk souvenir berkualitas. Info lebih lengkap atau pemesanan, jangan ragu menghubungi tim customer care kami via Whatsapp  atau telp. 031 5484342. Follow instagram @anaria_wedding untuk menambah referensi souvenir pernikahan Anda.