Merancang Sendiri Undangan Pernikahanmu? Ikuti Langkah-Langkah Ini!

Berbeda dengan proyek DIY, merancang sendiri undangan pernikahan biasanya didorong oleh keinginan calon pengantin untuk mendapatkan hasil akhir yang detil dan sempurna. Mungkin Anda memiliki kreasi sendiri yang ingin diwujudkan dalam bentuk undangan wedding atau sudah mencari ke mana pun dan menyadari bahwa opsi yang ada belum bisa mewakili kepribadian maupun hari besarmu.

Langkah-Langkah Merancang Sendiri Undangan Pernikahanmu

Undangan pernikahan yang dirancang sendiri atau custom bisa jadi solusi tepat untuk melengkapi konsep pernikahan yang Anda usung. Tapi sebelum berkomitmen, siapkan anggaran pernikahan dan waktu pembuatannya. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pikirkan Tentang Visi yang Dimiliki

Undangan Elegan
Undangan Elegan

Luangkan waktu khusus dan bayangkan apa yang diinginkan dalam sebuah undangan pernikahan, misalnya warna-warna lembut, font letterpress, maupun hiasan dalam bentuk foto. Tentukan corak warna dan gaya menyeluruh baik modern atau tradisional mana yang cocok sebagai pasangan pengantin.

Idealnya, Anda harus memiliki ide umum sebelum berbicara dengan profesional. Pikirkan tentang kata-kata yang Anda gunakan saat berbicara dengan teman dan keluarga ketika menggambarkan gaya pernikahan dan visi yang dimiliki untuk hari istimewamu. Apakah itu glamor atau rustic, siapkan diri untuk menceritakan impianmu dan membaginya dengan vendor yang terpilih menggarap undangan pernikahanmu.

Tetapkan Rencana Desain

Desain Undangan Menarik
Desain Undangan Menarik

Putuskan seberapa jauh pasangan pengantin ingin melakukan custom, baik pada warna, pola, maupun bahan yang akan digunakan. Proyek yang lebih rumit mungkin menuntut tim profesional yang lebih terampil.

Apakah ingin kombinasi metode pencetakan khusus, desain yang Anda impikan beda dari yang lainnya atau melibatkan gambar bunga anggrek yang merupakan bunga favoritmu? Mungkin Anda ingin undangan yang dipersonalisasi tetapi tidak memiliki ide spesifik. Jika hal ini terjadi, konsultasikan dengan ahlinya yang akan memandu melewati proses kreatif ini.

Baca Juga :  Foto Instant, Souvenir Unik Pernikahan

Lakukan Riset

Undangan Laser Cutting
Undangan Laser Cutting

Sangat penting untuk menemukan orang yang akan mendengarkan dan melaksanakan ide-ide Anda. Memiliki kepribadian dan gaya berbeda, pastikan menemukan vendor yang tepat. Mulailah dengan referensi dari teman, perencana pernikahan, hingga forum pernikahan online.

Ada banyak pilihan, jadi bebaskan diri untuk melihat contoh yang diberikan oleh desainer freelance hingga vendor yang populer, bahkan situs yang menawarkan desain gratis yang bisa diutak-atik sesuai keinginan.

Kumpulkan Catatan

Merancang Sendiri Undangan Pernikahan

Mulailah mengumpulkan contoh undangan yang disukai, misalnya sketsa yang digambar tangan, undangan yang pernah diterima, atau kliping majalah yang memotivasi kreativitas Anda. Selain itu, vendor profesional sering memiliki portofolio yang diisi dengan ratusan contoh yang dapat menjadi inspirasi lebih lanjut untuk tampilan pribadi undangan pernikahanmu.

Bertemu dengan Orang yang Tepat

Bridesmaid Dalam Pernikahanmu
Bridesmaid Dalam Pernikahanmu

Sangat penting untuk terhubung dengan orang yang akan membuat undangan pernikahan impianmi. Apakah mereka akan mendengarkan dengan sungguh-sungguh pada ide-idemu atau yang paling penting, berdasarkan apa yang didengar dan lihat apakah mereka memiliki gaya yang sesuai dengan keinginanmu.

Jika tidak menyukai sebagian besar contoh undangan pernikahan yang telah dibuat, jangan takut untuk terus mencari. Tapi tetap bersikap realistis jika menyangkut apa yang Anda mampu dan tidak mampu. Jangan terburu-buru dengan prosesnya karena menemukan seseorang yang benar-benar memahami visimu akan sepadan dengan usaha ekstra yang dikeluarkan.

Pilih Warna

Undangan Mewah dan Simple
Undangan Mewah dan Simple

Warna pernikahan adalah untaian yang mengalir melalui semua elemen di hari spesialmu. Putuskan bagaimana Anda akan memasukkan rona ini ke dalam undangan pernikahan, misalnya menggunakan font berwarna, pola berwarna, atau kertas berwarna, bahkan campuran dari ketiganya.

Tidak bisa puas dengan satu warna, tidak ada salahnya untuk memilih dua. Pilih pasangan yang akan saling melengkapi, tapi jangan puas dengan pink pucat jika fuchsia selalu menjadi favoritmu. Paling penting, periksa bagaimana masing-masing warna terlihat di atas kertas.

Tentukan Motif

Undangan Elegan Motif Bunga
Undangan Elegan Motif Bunga

Apakah Anda ingin monogram atau simbol lain di sepanjang perayaan hari pentingmu? Jika ya, pertimbangkan untuk menambahkan tema ini ke undangan pernikahan Anda. Misalnya, undangan ke pernikahan tropis mungkin dapat memasukkan simbol seperti kerang dan karang. Lihatlah beberapa contoh undangan pernikahan yang sudah dibuat sebelumnya dan tandai beberapa yang menurut Anda cocok diaplikasikan untuk milikmu sendiri.

Baca Juga :  Persiapan Pengantin 3 Bulan Menjelang Hari Bahagia

Pilih Ukuran dan Bentuk

Percaya atau tidak, amplop menggerakkan ukuran undangan, sehingga desain undangan pernikahan Anda harus berada dalam format amplop pilihan Anda, yaitu persegi atau persegi panjang. Jangan anggap remeh amplop. Bentuk amplop dapat menjadi penetu untuk gaya pernikahanmu karena ukuran yang tidak biasa menandakan pernikahan yang lebih modern dan kekinian.

Selain ukuran dan bentuk amplop, Anda juga bisa menuangkan kreativitas dalam pembuatan amplop yang juga didesain secara custom. Mulai dari menambahkan cap dengan inisial nama, penggunaan stamp untuk menyegel amplop, hingga menambahkan desain cantik yang terlihat saat penerima undangan membuka amplopnya. Hal-hal kecil dan detil seperti ini terkadang justru meninggalkan kesan yang mendalam bagi para calon tamu.

Tetapkan Tanggal Waktu

Undangan Custom Unik
Undangan Custom Unik

Ketahui kerangka waktu sebelum ingin memulai proyek mendesain undangan pernikahan sendiri. Tetapkan tenggat waktu realistis yang dimulai dengan tanggal pengiriman yang diinginkan, ditambah waktu yang dibutuhkan pembuatannya. Tanyakan tentang waktu penyelesaian dan biaya yang kira-kira akan diperlukan.

Berikan pembayaran pertama untuk menyegel perjanjian tersebut. Setelah pekerjaan disetujui, pastikan kembali berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikannya. Ini tidak selalu merupakan aspek menyenangkan dari proses, tapi jika Anda tidak memikirkannya sekarang, akan berisiko membuatmu mengalami stres jelang hari pernikahan nanti.

Diskusikan Proses Pencetakan

Undangan Dengan Nuasa Elegan
Undangan Dengan Nuasa Elegan

Sebelum membuat kesepakatan, diskusikan proses pembuatannya. Jangan takut dianggap cerewet atau menuntut, karena pasangan pengantin punya hak memastikan undangan pernikahan nantinya sesuai dengan keinginan dan visinya.

Mulai dari tanyakan pemeriksaan terakhir untuk memastikan semuanya persis seperti yang Anda setujui, kemungkinan untuk melihat contoh undangan sebelum dicetak, hingga kualitas kertas yang tepat untuk desain Anda. Jika perlu miliki kontrak tertulis yang mencakup perkiraan dan garis waktu. Anda juga harus siap untuk melakukan setoran untuk memulai proyek.

Baca Juga :  Anggunya Undangan Pernikahan Cover Bludru Surabaya

Rencana desain yang komprehensif akan menghilangkan terlalu banyak perubahan yang mungkin menumpuk. Sebagian besar desainer mengizinkan satu atau dua perbaikan, walau terkadang dengan biaya tambahan yang bisa sangat besar. Organisir sejak awal dan Anda akan meminimalkan kesalahan dan biaya tak terduga sehingga dapat mengamankan anggaran pernikahan yang dimiliki.

Finalisasi detailnya

Undangan Blangko
Undangan Blangko

Jangan memaksakan sesuatu yang tidak Anda sukai pada pandangan pertama dengan harapan lama-lama akan menyukainya. Pikirkan gambaran besar dan sadari bahwa setiap elemen memainkan peran yang penting di hari pernikahanmu.

Biasanya untuk memesan undangan pernikahan custom, dibutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang mengambil desain undangan pernikahan yang sudah ada. Tapi Anda bisa menyiasati beberapa cara mudah dan murah untuk memberikan sentuhan personal pada undangan pernikahan. Mulai dari memilih bahan yang unik, tulisan dengan font yang berbeda, hingga menyisipkan teknik yang tak biasa seperti lasercutting, scrapbook, atau pop-up.

Nah, agar tak perlu repot merancang undangan pernikahan sendiri yang kadang cukup rumit dan membingungkan, Anda bisa menyerahkan urusan undangan pada ahlinya, vendor souvenirnikah.co.id.

Platform souvenirnikah.co.id telah menjadi vendor andalan kalangan selebriti dan pejabat untuk mendapatkan produk – produk berkualitas. Berupa souvenir, undangan hingga jasa hias mahar atau seserahan. Cek promo terbarunya dengan follow akun @anaria_wedding atau hubungi tim customer care kami via WA yang ada di web ini atau bisa juga telp. di 031-5484342.

 

Ikuti update kami di social media