Mengenal Uang Sinamot, Mahar Pernikahan Eksklusif Adat Batak

Mengenal Uang Sinamot, Mahar Pernikahan Eksklusif Adat Batak

 

Berbagai adat dan tradisi pernikahan di Indonesia, kebanyakan memang mengenal adanya mahar pernikahan eksklusif atau mahar tertentu. Biasanya, mahar ini bisa berupa hewan ternak, uang atau sejumlah perhiasan. Mahal dan eksklusif? Sudah pasti! Bahkan, semakin tinggi nilai mahar, maka status sosial keluarga dan mempelai dianggap lebih bagus dan mendapatkan apresiasi yang besar.

Seperti halnya dengan mahar pernikahandalam adat Batak, Sumatera Utara. Pengantin pria wajib memberikan Uang Sinamot. Yaitu sebagai mahar atau tradisi untuk mempersunting si calon mempelai wanita dari keluarganya. Berikut ini sejumlah info tentang Uang Sinamot yang patut diketahui bagi calon pengantin:

1. Uang Sinamot sebaiknya dimusyawarahkan bersama kedua keluarga mempelai

Agar salah satu pihak tidak ada yang merasa diberatkan atau dipersulit, maka harga Sinamot bisa ditentukan atau dibicarakan bersama – sama. Musyawarah antara keluarga ini penting karena tidak ada yang tahu kondisi keuangan setiap keluarga. Dalam musyawarah ini sering terjadi tawar – menawar harga Sinamot. Beberapa patongan tentang tingginya harga Sinamot di antaranya, jenjang pendidikan dari si mempelai, pekerjaan, status sosial hingga jarak rumah. Semakin bagus parameter ini, maka harga Sinamot bisa menembus ratusan juta.

2. Harga Sinamot dipengaruhi status sosial calon mempelai wanita

Bagi calon mempelai wanita yang berasal dari kalangan terpandang, tentu harga Sinamotnya lebih tinggi dari kalangan umum. Sebagai contoh, wanita lulusan sarjana kedokteran dan memiliki profesio sebagai seorang dokter, harganya bisa menembus puluhan juta. Bahkan, jarak antara rumah kedua mempelai juga akan masuk dalam perhitungan biaya Sinamot.

Terlebih jika si calon mempelai wanita ini merupakan wanita yang terkenal seperti selebriti, artis atau sosialita, maka harga Sinamot akan semakin melonjak. Tengok saja pernikahan antara model cantik, Duma Riris dan penyanyi jebolan Indonesian Idol, Judika. Mereka bisa menikah lantaran Judika siap membayar uang Sinamot seharga Rp 200 juta.

3. Bukti adat Batak sangat menjunjung martabat wanita

Sebagai seorang wanita yang layak disayangi dan dijaga kehormatannya, wanita Batak memang memiliki uang mahar yang mahal dan eksklusif. Dalam pernikahan adat Batak, Sinamot merupakan kewajiban sekaligus menjadi bukti apakah benar sang mempelai pria serius untuk memperistri dirinya. Calon mempelai pria yang hendak menikahi pujaan hatinya, mendapatkan ujian yang harus diperjuangkan dan menunjukkan ketulusan hatinya.

4. Pria Batak harus bekerja keras mengumpulkan dana dan membayar Sinamot

Sebenarnya, bukan hanya pria berdarah Batak saja yang harus berjuang untuk mengumpulkan dana persiapan pernikahan, tetapi semua pria yang akan menikah. Jika dirasa sudah mampu dan siap membina rumah tangga, sebaiknya segera melamar sang pujaan hati.

Di Batak, anak gadis sangat disayangi dan dimuliakan dengan harga Sinamot yang tak main – main. Seperti itulah, simbol ketulusan dan keseriusan pria yang akan memperistri wanita Batak, agar para pria tidak mudah mempermainkan atau memperistri anak gadis mereka tanpa bisa memberikan Sinamot.

5. Uang Sinamot membentengi pasangan dari perceraian

Dikarenakan perlu perjuangan yang besar dan usaha keras untuk membayarkan uang Sinamot bagi sang istri, rupanya banyak pasangan keturunan Batak yang tampak langgeng dan adem ayem dalam pernikahan. Keharmonisan dalam berumah tangga senantiasa terjalin karena mereka selalu teringat kondisi perjuangan yang susah – payah dilakukan untuk membayar Sinamot dan mewujudkan pernikahan. Jika pernikahan hanya dihargai mahar yang murah, beberapa oknum pengantin malah meremehkan esensi pernikahan itu dengan kawin – cerai. Sedangkan, orang – orang Batak akan berpikir seribu kali untuk berpisah karena untuk mendapatkan istrinya harus membayar Sinamot dengan susah payah.

***

Uang Sinamot yang fantastis, sangat layak diberikan kepada sang pujaan hati dengan tampilan yang eksklusif dan menawan. Wujudkan desain hiasan mahar pernikahan eksklusif adat Batak dengan mempercayakan pada jasa hias mas kawin profesional, anaria-wedding.com.

Kunjungi website anaria-wedding.com untuk mendapatkan berbagai ide desain dan hiasan mahar pernikahan eksklusif sesuai keinginan Anda. Untuk pemesanan atau info selengkapnya hubungi nomor WA/ LINE tim customer care Anaria Wedding 0856 4591 3004.