web counter

Mengapa Undangan Pernikahan Harganya Bisa Murah Dan Mahal?

0856 4591 3004 , Kartu Undangan Pernikahan Elegan
0856 4591 3004 , Kartu Undangan Pernikahan Elegan

Undangan Pernikahan adalah suatu undangan dengan konsep pengeditan teks sendiri dan hanya tinggal diprint atau dicetak sesuai keinginan, siap untuk diedarkan. Bagi Anda konsumen yang memesan undangan tentu saja tidak tahu menahu dan terima beres, yang penting undangan bisa selesai tepat waktu dan hasilnya memuaskan. Lantas apa saja kerumitan yang terjadi di bagian produksi dan percetakan? Berikut ini kami akan coba sampaikan beberapa kerumitan yang terjadi dan serba-serbi tentang percetakan undangan yang belum banyak diketahui masyarakat sebagai tambahan informasi dan inspirasi.

Bahan, Kertas, Tinta serta Jumlah Undangan yang Dipesan

Semakin banyak jumlah undangan yang dipesan, tentu saja harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Hal ini berlaku hampir ke setiap undangan dengan ukuran dan variasi ornamen yang ditawarkan. Sebaliknya, Semakin sedikit jumlah undangan yang dipesan malah membuat biaya pembuatan undangan akan semakin mahal. Sistem penghitungan biaya pemesanan undangan ini adalah bergantung pada mesin cetaknya, dimana harga yang dikeluarkan adalah per satu kali cetak. Semisal naik cetak 500 lembar, maka ongkos yang dikeluarkan jauh lebih murah dari naik cetak 300 lembar.

Bahan kertas serta jenis tinta yang dipergunakan dapat mempengaruhi harga undangan yang dipesan. Jenis kertas undangan ada banyak, antara lain Art Carton, Photo, kertas BW, Sirio, Jasmine dan masih banyk lagi yang lainnya. Setiap bahan yang berbeda juga memiliki harga yang pasti berbeda. Jika Anda menginginkan tinta perak atau emas di nama mempelai pengantin serta bagian lainnya, maka bisa meningkatkan harga pemesanan. Selain itu semakin banyak permintaan konsumen tentu saja akan meningkatkan biaya undangan, karena proses pengerjaan foil memang terpisah dari pencetakan huruf lainnya di undangan.

Potongan Kertas, Proses Penggarapan, dan Finishing Undangan

Undangan dengan bentuk potongan unik melengkung-lengkung tentu menjadi daya tarik tersendiri karena unik dan cantik. Sebagai informasi saja, bahwa pemotongan atau cutting modifikasi ornamen-ornamen seperti itu tidak dilakukan secara manual, agar hasilnya rapi serta sudut pemotongan beraturan, maka harus menggunakan mesin dengan pisau khusus yaitu pond. Pisau pond dibuat secara khusus dan mahal sehingga harga pembuatan undangan pun juga meningkat.

Undangan terdiri dari dua jenis yaitu hand made serta blangko undangan. Undangan hand made ini jauh lebih mahal karena pembuatannya dari awal, dibandingkan dengan blangko undangan yang sudah mempunyai template. Undangan hard cover pun lebih mahal dibandingkan soft cover karena selain melapisi board hard cover juga merekatkan dengan bagian undangan lain. Begitupun dengan pemasangan pita, desain pop up, hiasan lainnya yang dipasangkan manual, maka biayanya juga lebih mahal.  Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai blangko undangan serta serba-serbi undangan lainnya. Semoga menginspirasi dan dapat memberikan informasi mengenai pembuatan serta perbandingan biaya undangan pernikahan.