web counter
09.00 - 17.00 WIB
031-5484342
info@anaria-wedding.com

Makna Sakral mas kawin seperangkat alat sholat

Saturday, May 19th 2018.

Makna Sakral mas kawin seperangkat alat sholat

 

mas kawin seperangkat alat sholat–Adanya mas kawin dalam pernikahan memang menjadi syarat mutlak atau wajib diadakan. Namun, tidak wajib disebutkan oleh pengantin pria.

Dalam pernikahan adat di tanah air, sudah lumrah jika pasangan pengantin muslim menggunakan mas kawin berupa seperangkat alat sholat.

Alasannya tentu dari segi ekonomi, seperangkat alat sholat lebih murah dibanding perhiasan satu set. Selain itu, banyak orang yang berasumsi bahwa dengan memberikan seperangkat alat sholat, maka akan bermanfaat untuk kehidupan kedua mempelai pengantin yang akan membina rumah tangga. Terutama bagi si mempelai wanita dapat menggunakan alat sholat dalam beribadah 5 waktu.

Sementara itu, ternyata ada makna mendalam yang terkandung di dalam mas kawin berupa seperangkat alat sholat. Bagi beberapa pengantin pria yang sudah mengetahui maknanya, maka akan berpikir ulang untuk memberikan seperangkat alat sholat. Dan akan lebih memilih perhiasan atau uang saja sebagai mas kawin.

Berikut adalah makna sakral dibalik mas kawin seperangkat alat sholat yang patut Anda ketahui:

1. Sederhana

Meski bungkus dan kemasannya indah, namun seperangkat alat sholat yang harganya relatif terjangkau di kocek sang mempelai pria, menandakan bahwa sang calon istri tidak menginginkan materi yang muluk – muluk. Seperangkat alat sholat sebagai mas kawin menjadi bukti bahwa calon istri siap membina rumah tangga yang sederhana dan tidak memberatkan sang suami.

2. Suci

Seperangkat alat sholat juga menandakan bahwa kehidupan kelak yang akan dijalani merupakan bentuk dari cinta kasih yang suci seperti putihnya mukena dan sucinya kitab Al Quran yang menjadi isi seserahan. Niat baik yang suci dalam membina rumah tangga semoga berakhir bahagia dan langgeng.

3. Bertanggung jawab

Sang calon suami yang memberikan seperangkat alat sholat berarti telah siap menanggung semua tanggung jawab untuk membimbing sang istri serta anak – anaknya kelak untuk terus beribadah kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Begitu pun, kitab suci Al Quran dan tasbih juga simbol agar suami terus membenahi diri dalam beribadah dan mengajak sang istri untuk senantiasa melakukan kebaikan seperti akhlak Al Quran.

4. Sabar

Tasbih yang berada di dalam isian seserahan atau mas kawin, merupakan alat untuk terus mengucap nama – nama yang mengagungkan-Nya. Butiran – butiran tasbih juga menjadi simbol bahwa dalam mengarungi rumah tangga harus selalu dihiasi butiran kesabaran dan zikir yang tiada henti dengan berbagai suka dan duka yang akan melanda.

5. Pengingat

Sajadah yang menjadi alas saat bersujud juga menjadi tanda jika kedua calon mempelai harus senantiasa bersyukur atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya. Semua masalah yang akan datang kelak bukanlah rintangan, tapi menjadi tantangan yang harus ditaklukkan. Sajadah juga bisa menjadi pengingat bahwa masih ada Dzat yang Maha Tinggi untuk mengadukan segala keluh kesah dibandingkan hanya mengomel kepada pasangan atau bahkan menceraikannya.

6. Cinta kasih

Bagi pasangan pengantin yang menggunakan mahar seperangkat alat sholat tidak perlu berkecil hati karena takut tidak dapat mempertanggungjawabkan kelak di hadapan-Nya. Justru dengan semangat untuk terus membenahi diri, maka seperangkat alat sholat justru menjadi simbol bahwa sang suami siap untuk membina rumah tangga berlandaskan nilai religi dan selalu cinta kepada Ilahi.

7. Kemantapan hati

Bukan laki – laki sejati namanya, jika urung memberikan seperangkat alat sholat hanya karena takut tidak bisa mendidik istrinya kelak dari segi agama. Malah, sudah menjadi kewajiban setiap laki – laki yang menjadi suami untuk membimbing istri di dalam kebaikan dan mengajak untuk konsisten dalam beribadah. Dengan memberikan mas kawin seperangkat alat sholat berarti si mempelai pria sudah memiliki kemantapan hati secara lahir dan batin dalam meminang pujaan hatinya.

 

***

Anaria Wedding merupakan vendor ternama di Jawa Timur yang sudah memiliki reputasi dan jam terbang lebih dari 10 tahun melayani kebutuhan persiapan pernikahan.  Kunjungi website kami di souvenirnikah.co.id dan untuk info selengkapnya kontak tim customer care di nomor 0856 – 4591 – 3004 (Whatsapp/LINE).

Rp 73.000
Rp (Hubungi CS)
Rp 62.500
Rp 14.000
Rp 24.000
Rp 12.500