09.00 - 17.00 WIB
031-5484342
0856 4591 3004
info@anaria-wedding.com

mas kawin uang sesuai tanggal pernikahan Sebagai Konsep Mahar

Sunday, May 20th 2018.

mas kawin uang sesuai tanggal pernikahan Sebagai Konsep Mahar

mas kawin uang sesuai tanggal pernikahan – Menurut berbagai tradisi pernikahan di seluruh jagat raya, pernikahan selalu memberikan mas kawin atau mahar untuk “menebus” kerelaan hati sang calon mempelai wanita untuk dipersunting mempelai pria.

Bahkan, hal ini lebih dipertegas lagi di dalam konsep mahar pernikahan muslim yang mewajibkan atau tidak sah sebuah pernikahan tanpa memberikan mahar bagi calon istri.

Artinya, nilai martabat seorang wanita benar – benar dijunjung tinggi dan dihargai dalam pernikahan muslim.

Konsep mahar atau mas kawin

Sebenarnya, arti dari mahar itu sendiri merupakan pemberian sejumlah nilai tertentu dari mempelai pria dan keluarganya kepada mempelai perempuan agar ia bersedia dengan ikhlas dijadikan istri.

Namun, pada praktiknya di kondisi masyarakat sekarang, terutama di Indonesia, mahar sudah bergeser menjadi benda seperti perhiasan, cincin, rumah, mobil atau seperangkat alat sholat dan lainnya.

Pasangan yang memilih uang juga tidak sedikit. Umumnya, sebagai simbol atau memudahkan dalam memperingati hari pernikahan, maka pengantin akan menyusun mahar uang sesuai tanggal pernikahan.

Sebagai contoh, jika hari H pernikahan pada tanggal “22 April 2011” maka mahar yang diberikan sesuai tanggal pernikahan tersebut adalah Rp 220.411. Tentunya, si mempelai pria harus memutar otak agar bisa memenuhi nominal 11 sen yang sudah tidak beredar lagi.

Belanja uang kertas atau uang koin kuno di pasar loak menjadi pilihan. Yang justru harganya lebih mahal dari nominal mata uang itu sendiri.

Sangat disayangkan, karena uang mahar para pengantin di zaman modern tidak akan dijadikan sebagai uang belanja atau modal awal pernikahan.

Pasalnya, uang mas kawin hanya dijadikan pajangan dan sudah tidak menggunakan mata uang yang berlaku di masyarakat.

Selain uang dan seperangkat alat sholat, berikut adalah beberapa jenis mahar yang bisa dipertimbangkan:

1. Pakaian

Memberikan pakaian yang lengkap. Mulai dari pakaian dalam seperti bra, celana dalam, lingerie, hingga hijab dan pakaian satu setel. Hal ini menjadi simbol bahwa sang calon suami siap memberikan nafkah berupa pakaian kepada sang istri.

2. Perhiasan satu set

Tidak hanya cincin pernikahan, tapi kalung dan anting  – anting juga akan makin mempercantik penampiln sang mempelai wanita. Lagi pula, wanita mana yang tidak sumringah jika diberikan perhiasan satu set yang menawan? Perhiasan emas juga bisa dijadikan investasi dan aset apabila sewaktu – waktu dibutuhkan dalam kondisi mendesak dapat dijual kembali.

3. Rumah

Kebutuhan utama pasangan yang membina rumah tangga berupa rumah dapat dipersiapkan sejak muda. Misalnya, dengan mengambil KPR atau menabung selama beberapa tahun. Nafkah papan atau kebutuhan tempat tinggal akan memberikan kenyamanan bagi istri dan anak – anak agar bisa berkembang dengan baik.

4. Tidak memberatkan suami

Selain beberapa bentuk mahar di atas, mahar yang terbaik adalah yang tidak memberatkan calon suami. Bahkan, hafalan ayat suci Al Quran juga bisa menjadi mahar pernikahan. Mahar pernikahan bisa dalam bentuk apa saja sesuai permintaan sang mempelai putri. Hanya saja, dapat dipertimbangkan agar tidak berlebihan atau memberatkan.

***

Mas kawin atau mahar yang paling umum adalah sejumlah uang yang disepakati bersama sesuai kemampuan sang mempelai pria. Bahkan, Rp 50.000 atau Rp 100.000 pun boleh – boleh saja dijadikan mahar.

Namun, yang sering terjadi di masyarakat adalah memilih mas kawin uang sesuai tanggal pernikahan yang nantinya bisa dibentuk sedemikian rupa agar terlihat lebih unik dan spesial di hari bahagia.

Anaria Wedding siap membantu Anda dalam mempersiapkan pernikahan dengan menghias mas kawin uang sesuai tanggal pernikahan dengan berbagai model.

Cek website souvenirnikah.co.id untuk melihat portofolio dari para klien atau pasangan pengantin yang sudah pernah menggunakan jasa hias mas kawin uang atau seserahan yang unik dan eksklusif.

Hubungi tim customer care Anaria Wedding untuk mendapatkan berbagai rekomendasi jasa hias mas kawin uang sesuai pilihan Anda. Kontak via Whatsapp/LINE di nomor 0856 – 4591 – 3004.

Selamat mempersiapkan hari istimewa, bride and groom to be..

Rp (Hubungi CS)
Rp 29.500
Rp 48.500
Rp 1.200.000
Rp 17.500
Rp 53.000