MAKNA SESERAHAN PERNIKAHAN BESERTA ISINYA

hantaran-box-kaki-rcp-45
0856 4591 3004 , Box Seserahan Unik Surabaya

Tahukah kamu makna dari seserahan? Pada umumnya seserahan sudah menjadi bagian dalam rangkaian pernikahan di Indonesia. Seserahan pernikahan adalah symbol bahwa pria sanggup dan mampu untuk bertanggung jawab mencukupi kebutuhan hidup calon pengantin wanita. Dalam seserahan pernikahan, selain kebutuhan dasar disisipkan juga barang atau makanan yang menjadi simbol keseriusan mempelai pria untuk mencintai dan setia pada calon pengantinnya. Dibawah ini adalah jenis seserahan pernikahan beserta maknanya.

Seserahan berupa seperangkat pakaian. Seserahan pernikahan ini bukan hanya sekedar busana, namun pakaian disini meliputi kebutuhan pakaian mempelai wanita dari ujung kaki hingga ujung kepala, meliputi jilbab (bila berjilbab), mukena, baju kerja, baju pesta, kebaya, kain batik, pakaian dalam hingga sepatu sendal. Artinya : Baik pengantin pria maupun wanita harus bisa menjaga rahasia dan kesakralan pernikahan mereka, tidak sembarangan mengumbar masalah dan rahasia suami istri.

Seserahan berupa Perawatan tubuh dan Make-Up. Seserahan pernikahan ini di dalamnya mencakup barang seserahan berupa sampo, sabun, body scrub dan lainnya . Barang-barang seserahan ini memiliki arti mempelai pria menjamin bahwa ia bisa menjaga penampilan istrinya dengan menyediakan seperangkat perawatan tubuh dan make up memadai.

Seserahan pernikahan berupa Pernak-pernik perhiasan. Perhiasan biasanya berupa cincin, kalung, liontin, atau bahkan gelang untuk mempelai wanita. Artinya Calon mempelai wanita diharapkan akan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan suaminya dan tetap akan indah seperti permata walaupun berbagai masalah hidup dan bertambahnya usia tidak bsa dihindari.

Seserahan Pernikahan berupa Makanan Tradisional. Biasanya sih makanan tersebut dipilih makanan yang basah dan lengket seperti dodol dan sebagainya. Kue yang lengket biasanya terbuat dari beras ketan adalah symbol silaturahmi dan harapan bahwa kedua pasangan akan selalu bersatu sampai akhir hayat dan silahturahmi antara keduanya keluarganya akan tetap terjaga selamanya.

Seserahan Pernikahan berupa Buah-buahan. Biasanya dalam seserahan tersebut terdapat bebagai macam buah terutama pisang raja satu sisir. Artinya buah-buahan adalah simbol harapan agar pasangan yang menikah bisa saling menghasilkan buah yang melimpah bagi keluarga dan orang-orang yang ada disekitarnya.

Seserahan Pernikahan berupa Daun Sirih. Yang satu ini bukan termasuk kebutuhan dasar mempelai wanita, namun daun sirih menjadi symbol dari kesatuan hati, kesatuan tekad kedua pasangan di atas perbedaan