4 Fakta Mahar Nikah Eksklusif, Kemewahan Jangan Jadi Prioritas

4 Fakta Mahar Nikah Eksklusif, Kemewahan Jangan Jadi Prioritas

Wanita mana yang tidak akan bahagia mendapatkan mahar nikah eksklusif seperti perhiasan emas, logam mulia, batu permata ataupun mobil mewah? Sayangnya, meski kaum hawa berharap bisa memperolah mahar yang fantastis, sejatinya justru mahar yang paling murah adalah yang terbaik di sisi-Nya.

Seolah terbalik dengan esensi mahar pernikahan, masyarakat di tanah air justru berlomba – lomba menjadikan mas kawin sebagai ajang untuk pamer harta dan gengsi.

Ibaratnya jika semakin mahal mahar nikah yang diberikan oleh sang mempelai pria, berarti status sosial keluarga mempelai akan semakin meningkat di mata masyarakat. Lantas seperti apa fakta mahar nikah yang sebenarnya? Berikut ulasannya..

1. Jumlah dan bentuk mahar tidak ada aturan khusus

Ketika akad nikah dilangsungkan, sang mempelai pria akan mengucapkan janji suci pernikahan dan memberikan uang atau barang kepada mempelai perempuan. Soal jumlah ataupun bentuknya, tidak ada ketentuan khusus. Namun, jika mahar sudah dibayarkan dan akad nikah berlangsung sah, berarti mahar sudah diterima dengan baik oleh keluarga dan si mempelai wanita.

2. Simbol pengikat cinta suci wanita

Dengan dihadiri para sanak kerabat, keluarga dan disaksikan penghulu serta saksi, pernikahan dengan memberikan mahar berarti telah mengesahkan kedua pengantin sebagai sepasang suami istri yang diikat secara sah dalam janji yang suci. Memberikan mahar ini merupakan alat tukar untuk membeli keridhoan dan keikhlasan sang wanita. Karena wanita bukan untuk dibeli dalam jumlah mahar tertentu yang justru memberatkan sang calon mempelai pria.

3. Mahar yang paling murah adalah yang terbaik

Dalam ajaran agama Islam, mahar terbaik bagi seorang umat adalah mahar yang tidak memberatkan si calon suami atau berdasarkan kemampuan. Wanita yang dapat meminta mahar ringan dan mudah tentu akan lebih membahagiakan si calon suami dan lebih mempermudah jalannya pernikahan. Sebaliknya, jika bersikeras meminta mahar sejumlah nilai nominal tertentu, padahal si calon suami tidak mampu memenuhi, berarti wanita tersebut tidak dapat memahami kondisi finansial pasangan dan kurang bersyukur. Mahar pun tidak selalu berarti uang, perhiasan atau emas, karena bisa berupa hafalan Ayat Al Quran atau apa pun yang dapat diserahkan sebagai mahar dan si calon istri ridho atau ikhlas menerimanya.

4. Mahar mahal tapi tidak sesuai kemampuan bikin beban

Ibarat pepatah “pungguk merindukan bulan”, lebih baik tidak perlu “ngoyo” alias memaksakan diri jika memang kondisi finansial sama – sama terbatas. Mahar seharusnya disepakati antara keluarga dan tidak melampaui batas kemampuan si calon mempelai pria. Apabila sudah menikah, rejeki akan diatur oleh Alloh dan siapa tahu kedua pasangan ini justru bisa membuka usaha sendiri untuk menambah pundi – pundi keuangan keluarga. Jika di awal pernikahan pihak keluarga telah mematok harga nominal tertentu sebagai mahar, bukan tidak mungkin si calon mempelai pria akan banting tulang untuk memenuhi keinginan tersebut. Bahkan, bisa jadi si calon pengantin harus berhutang sana – sini yang akan berdampak pada kelangsungan rumah tangga. Kecuali, si calon mempelai pria merupakan seseorang pria yang sudah mapan secara ekonomi dan siap memberikan mahar yang mahal, maka sudah sepatutnya mas kawin yang mahalnya terlalu berlebihan harus dihapuskan di tengah masyarakat.

***

Bagaimana dengan Anda, setuju untuk tidak memasang mahar yang terlalu tinggi di luar kemampuan calon suami? Mahar atau mas kawin yang sederhana tidak akan pernah mengurangi kesakralan pernikahan dan justru akan menjadi awal yang baik untuk membina rumah tangga yang harmonis.

Jadikan mahar pernikahan Anda sebagai sesuatu yang dapat dikenang manis sepanjang masa, bukan sesuatu yang justru hanya memberatkan calon suami.

Yuk, pesan mahar nikah eksklusif dengan hiasan dan desain menawan dari souvenirnikah.co.id. Selama puluhan tahun kami telah membantu para pengantin di seluruh Nusantara untuk menghias mahar dan seserahan, serta menyediakan kebutuhan souvenir maupun undangan pernikahan.

Tidak perlu repot kesana – kemari hanya untuk mempersiapkan mahar nikah eksklusif. Cukup hubungi tim customer care Anaria Wedding melalui WA /LINE 0856 4591 3004 dan kami akan mengirimkan produk mahar atau seserahan secara profesional dan bergaransi hingga tiba di kota alamat tujuan.

Selamat mempersiapkan pernikahan, bride to be..