Macam – Macam Mas Kawin Dalam Pernikahan

0856 4591 3004 , Mahar Koin Sketsa Wajah
0856 4591 3004 , Mahar Koin Sketsa Wajah

Dalam sebuah pernikahan, mas kawin merupakan suatu hal yang baik untuk diberikan kepada pengantin wanita dari pengantin pria. Jumlah atau nilai mas kawin yang diberikan tidak disebutkan dalam suatu kewajiban. Selain itu jenis mas kawin yang diberikan juga dibebaskan kepada mempelai pria.

Macam-macam Mas Kawin yang biasa diberikan oleh pihak pengantin pria kepada pihak pengantin wanita dapat kita liat seperti di bawah ini.

•    Al Quran – benda ini merupakan benda yang sudah umum digunakan sebagai mahar. Dengan memberikan mas kawis Al Quran, diharapkan pengantin wanita akan rajin membacanya, mamahami artinya, dan melaksanakan perintah yang terkandung di dalamnya.

•    Alat shalat – barang ini juga banyak digunakan banyak orang untuk mas kawin pernikahan. Mas kawin merupakan hadiah, sehingga pemberian ini seharusnya dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh si pengantin wanita.
Menggunakan alat shalat yang telah diberikan merupakan suatu penghargaan atas pemberian tersebut. Memberikan mas kawin tersebut,
pengantin pria juga memiliki harapan agar istrinya rajin menggunakan pemberian tersebut untuk shalat.

•    Uang – jumlah uang yang digunakan untuk mahar atau mas kawin berfariasi. Jumlah uang yang digunakan sebagai mas kawin tidak dapat dijadikan patokan kemampuan ekonomi penganti pria.

Seringkali, jumlah uang untuk mahar ini disesuaikan dengan jumlah tertentu yang bermakna bagi kedua mempelai sperti misalnya tanggal pernikahan atau tanggal lahir.

•    Logam mulia – yang biasa digunakan banyak pengantin sebagai mas kawin adalah logam mulia berupa emas.
Bentuk logam mulia ini tidak ada ketentuan di dalamnya. Pengantin pria bis amemberikan dalam bentuk batangan, koin, atau perhiasan.

•    Tanah – ada pula pengantin yang menggunakan tanah sebagai mas kawin pernikahan. Pernikahan oleh suku Bugis di Sulawesi Indonesia biasa menggunakan tanah sebagai mas kawin pernikahan.

•    Hewan ternak – biasanya di desa, pernikahan menggunakan mas kawin hewan ternak. Hewan ternak ini bisa dari hasil ternaknya sendiri atau dari hasil membeli hewan ternak. Untuk jenisnya, pengantin pria bebas memilih seperti sapi, kambing, kerbau, atau yang lainnya.