Jumlah Ideal Souvenir Pernikahan yang Harus Dipesan Inilah Tipsnya

Jumlah Ideal Souvenir Pernikahan – Calon pengantin kerap kali merasa bingung saat menentukan jumlah souvenir pernikahan yang akan dipesan. Di satu sisi, sangat disayangkan bila jumlah souvenir terlalu berlebihan dan akhirnya terbuang percuma. Namun di sisi lain,  jumlah souvenir yang kurang tentu membuat siempunya hajat merasa malu akibat ada tamu yang tidak kebagian souvenir pernikahan.

Jumlah Ideal Souvenir Pernikahan
Jumlah Ideal Souvenir Pernikahan

 

Untuk itu menentukan jumlah souvenir perlu dipikirkan secara bijak. Kamu bisa mencoba beberapa tips memberikan dan memilih souvenir  agar jumlah souvenir pernikahan tidak terlalu berlebih atau justru kurang.

Tentukan siapa saja tamunya

Saat menghadiri undangan,  seringkali para tamu tidak datang sendirian. Entah itu bersama pasangan atau anggota keluarga mereka. Maka, kamu perlu memutuskan dengan bijak, siapa saja yang akan diberi souvenir pernikahan. Apakah tiap undangan hanya ingin diberikan satu souvenir atau boleh lebih.

Gunakan trik khusus 

Lantaran, kasus kekurangan souvenir terjadi karena ada tamu yang meminta souvenir lebih dari satu kali. Berikan kupon pengambilan souvenir kepada tamu saat mengisi buku tamu.

Kemudian, minta mereka untuk menukarkan souvenir saat mau pulang. Selain lebih efektif, cara ini juga tidak merepotkan tamu untuk membawa-bawa souvenir pernikahan saat acara berlangsung.

Berkerjasamalah dengan penerima tamu

Trik ini sangat penting, mengingat merekalah yang akan menangani langsung pembagian souvenir pernikahan. Beritahu kepada mereka seputar teknis pembagian souvenir. Minta mereka untuk tegas memberikan souvenir hanya kepada orang yang berhak menerima sesuai keputusan yang kamu tentukan.

Perlukah menambah jumlah souvenir dari jumlah tamu undangan?
Ada berbagai sumber menyarankan untuk menambah 10% hingga 20% jumlah souvenir dari jumlah tamu undangan. Tujuannya, untuk mengantisipasi souvenir yang cacat atau rusak tanpa sengaja.

Selain itu, menambah jumlah souvenir juga bertujuan untuk memberikan souvenir kepada pihak yang tidak termasuk tamu undangan seperti staff WO, atau vendor yang bekerja pada hari pernikahan.

Namun pertimbangan lain, menambah jumlah souvenir dari total tamu undangan juga menjadi dilema sendiri. Lantaran dari jumlah tamu yang diundang, tentu ada saja tamu yang berhalangan hadir.

Namun yang pasti, tak ada salahnya untuk memesan lebih banyak jumlah souvenir dari jumlah undangan. Sebab, lebih baik kelebihan souvenir pernikahan daripada kekurangan bukan?