Fenomena Undangan Pernikahan Online Melalui Facebook

0856 4591 3004 , Undangan Pernikahan Online
0856 4591 3004 , Undangan Pernikahan Online

Saat ‘musim pernikahan’ tiba, foto-foto undangan pernikahan pun menyebar di timeline Facebook. Sebagian dari Anda pun pasti pernah melihat atau menjadi objek dari undangan-undangan online ini.

Karena alasan praktis dan mudah, beberapa orang memang menggunakan media ini untuk menyebar undangan pernikahan mereka. Selain praktis, mengundang melalui Facebook juga jauh lebih hemat dan cepat.

Sebagian orang memanfaatkan fasilitas Facebook Event, tag foto, kirim ke wall, sampai hanya bermodal status update. Namun, secara etika, undangan seperti ini cukup banyak dipertanyakan. Sebenarnya, pantaskah mengundang dengan cara semacam ini?

Kurang personal

Undangan dengan cara tag foto maupun melalui Facebook Event dirasakan kurang personal. Tidak ada ungkapan secara khusus yang mengharapkan kedatangan Anda. Lebih-lebih jika hanya berupa status update, keseriusan dalam mengundang akan menjadi pertanyaan bagi teman Anda.

Beberapa orang yang berhasil team Vemale tanyai mengungkapkan hal serupa.

“Nggak ngerasa di undang soalnya nggak ada nama personal gitu, bisa jadi itu cuma random tag.” (Dian)

“Kalau aku sih merasa itu lebih seperti pemberitahuan, daripada sebuah undangan.” (Risa)

“Biasanya aku nggak datang kalau diundang dengan cara itu.” (Endah)

Namun, bagi beberapa orang hal tersebut tak menjadi masalah dan dapat dimaklumi karena faktor jarak yang cukup berjauhan atau waktu yang sudah terlalu mepet.

“Aku cuma sekali mengalami seperti itu, tapi aku tetap datang. Soalnya, temen dekat dan aku tahu kondisi waktu itu dia nikah benar-benar mepet.” (Evi)

Boleh saja, tetapi..

Memanfaatkan media sosial untuk mengirim undangan sebenarnya boleh saja dilakukan, namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar orang yang diundang tetap merasa dihormati dan benar-benar diharapkan kedatangannya.

  • Sebaiknya dilakukan secara privat atau satu persatu.
  • Sebut nama yang akan diundang, dan kata ajakan secara personal.
  • Undangan dengan menggunakan tag foto boleh juga dilakukan sebagai tambahan atau pengingat tanggal bagi mereka yang telah diundang secara personal.

Anda juga pernah menerima undangan dengan cara ini, Ladies? Bagaimana pendapat Anda?