11 Peran Penting Undangan Dalam Pernikahan

11 Peran Penting Undangan Dalam  Pernikahan

Undangan pernikahan adalah sebuah sarana untuk memberitahukan kabar bahagia serta mencerminkan pesta pernikahan. Pastinya calon mempelai ingin membuat desain undangan unik agar pernikahannya menjadi lebih berkesan. Tidak ada salahnya apabila mempersiapkan undangan sebaik-baiknya, untuk menyampaikan informasi yang cukup jelas tentang acara pernikahan yang akan digelar.

1.Sesuaikan Dengan Tema

Kalau pernikahanmu mempunyai konsep tertentu, baik itu tradisional ataupun modern, usahakan desain undangan unik yang sesuai dengan tema. Kalau pestamu mewah pasti terasa kurang seimbang jika desain undangannya sederhana, dan begitu juga sebaliknya. Ada baiknya juga memilih warna yang sesuai dengan tema warna pernihakan yang kamu pilih,misalnya disamakan dengan dekorasi ataupun baju pengantin.

2.Mencari Referensi dan Desain Ulang

Kalau kamu bingung bagaimana bentuk undangan pernikahan yang sesuai, cari saja referensi baik di majalah, internet atau undangan yang pernah kamu terima. Banyak kok pilihan yang bisa ditemukan, mulai dari yang biasa sampai super mewah. Kalau sudah menemukan yang sesuai dengan kemauanmu, tinggal mengubahnya sedikit dan disesuaikan dengan kreativitas dan tema yang diinginkan.

3.Perhatikan Isi Undangan

Pastikan kamu menuliskan info penting tentang acara pernikahan kamu. Mulai dari nama lengkap kedua calon pengantin, tanggal dan tempat pelaksanaan resepsi, dan juga nama orang tua kedua mempelai. Dengan begitu, pihak yang diundang tidak bingung lagi tentang detil acaramu.

4.Pasang Foto Prewedding

Memasang foto pre wedding di undanganmu adalah sebuah pilihan, bukan kewajiban. Tapi kalau kamu ingin desain undangan unik maka memasang foto ini adalah salah satu caranya. Adanya foto juga akan lebih memperjelas siapa yang akan melangsungkan pernikahan, terutama kalau kamu mengundang teman atau kerabata yang jarang bertemu.

5.Tambahkan Peta

Hal in penting terutama kalau kamu berencana mengundang kenalan atau kerabat dari luar kota yang tidak begitu familiar dengan jalanan di kota tempat pernikahanmu. Dengan adanya peta baik itu tempat akad, gereja, ataupun resepsi maka para tamu akan memiliki patokan dan diharapkan datang tidak terlambat ataupun salah alamat.

6.Konsultasikan Dengan Keluarga

Kalau kamu rasa semua unsur dari undangan mulai dari desain, tema, dan isi sduah lengkap maka lebih baik konsultasikan dulu dengan pihak keluarga. Baik dari keluarga pengantin pria maupun pengantin wanita. Ini untuk menghindari kekeliruan penulisan dan memastikan desain yang dipilih cocok untuk kedua belah pihak.

7.Cari Tempat Percetakan

Sekarang saatnya untuk mencari tempat percetakan yang tentunya mempunyai reputasi yang baik. Akan lebih baik lagi kalau bisa mencari rekomendasi dari teman atau saudara yang pernah memakai jasa percetakan tersebut. Kalau sudah menemukan yang cocok pastikan percetakan tersebut bisa memenuhi pembuatan desain undangan pernikahan yang sudah kamu rancang.

8.Pilih Bahan Dan Detil Undangan

Sebelum naik cetak kamu bisa memilih bahan kertas yang akan digunakan untuk undanganmu. Mungkin juga kamu ingin menambahkan detil lain seperti kertas kalkir atau hot print yang akan memperindah undanganmu. Tentu saja semua itu merujuk pada anggaran yang kau punyai.

9.Pilih Jenis Tulisan

Jenis huruf pada undangan haruslah jelas dan mudah untuk dibaca. Jangan hanya tertarik pada bentuk huruf yang indah tapi ujung-ujungnya malah membuat penerima undangan sulit untuk membacanya. Jangan lupa juga untuk meminta test print sebelum naik cetak, untuk meminimalisir kesalahan desain maupun tulisan.

10.Perhatikan Waktu Pengiriman

Jangan terlalu mendadak dalam memesan undangan minimal sebulan sebelumnya kamu harus sudah mengirimkan undanganmu ke daftar tamu. Untuk lebih amannya kalau bisa minta ke percetakan agar selesai 2 bulan sebelum acara. Hal ini untuk mengantisipasi kemungkinan keterlambatan ataupun kesalahan produksi.

11.Siapkan Label Nama

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah pembuatan label nama para tamu undangan yang akan ditempel. Kumpulkan daftar tamu dari kedua beleh pihak dan pastikan penulisan nama dan gelar sudah benar. Kalau semua itu sudah selesai tinggal menyebar undangan dan menanti hari istimewa itu tiba.

Buat kamu yang kebingungan mencari ide desain undangan pernikahan bisa lihat souvenirnikah.co.id. Bermacam jenis undangan elegan hingga unik dan bermanfaat seperti kipas, kalender hingga pop-up tersedia di sana. Yuk hubungi sekarang juga di 0856 4591 3004.