Cari Tahu Makna “Turut Mengundang” Dalam Undangan Pernikahan

0856 4591 3004 , Undangan pernikahan vintage elegant
0856 4591 3004 , Undangan pernikahan vintage elegant

ISTILAH “Turut Mengundang” merupakan salah satu bagian yang umumnya menghiasi bagian akhir kartu undangan. Si pemangku hajat akan mencantumkan beberapa nama yang berasal dari anggota keluarga besar atau tokoh penting warga sekitar ke dalam bagian “turut mengundang.”

Lantas, apakah kamu memahami maksud dari pencantuman bagian yang hampir selalu ada dalam kartu undangan ini? Mari cari tahu makna dibalik bagian “turut mengundang” selengkapnya di sini.

SEBAGAI BENTUK PENGHORMATAN
Jika ditelisik, etika mencantumkan bagian ini hanya ditemui di Indonesia. Berbeda dengan budaya barat, di sini, pernikahan menjadi hajatan besar yang melibatkan banyak pihak. Bukan hanya calon pengantin, tetapi juga kedua pihak keluarga juga tokoh masyarakat yang mendukung baik dari segi materiil maupun moril.

Oleh karena itu, calon pengantin akan memberi space khusus pada orang-orang penting dalam kartu undangan. Tujuannya, tidak lain sebagai bentuk penghormatan dan rasa terimakasih calon pengantin terhadap anggota keluarga maupun tokoh masyarakat yang berpengaruh dalam penyelenggaraan pesta pernikahan.

STATUS SOSIAL
Tidak hanya itu, pesta pernikahan juga sering menjadi gambaran seberapa tinggi status sosial pemangku hajat. Sejumlah nama yang tercantum dalam bagian “turut mengundang” secara tidak langsung juga menjadi simbol status sosial keluarga pemangku hajat. Semakin tinggi jabatan atau pendidikan nama-nama yang tertulis, maka semakin tinggi juga wibawa keluarga calon pengantin.

INFORMASI BAGI TAMU UNDANGAN
Pencantuman “turut mengundang” ditengarai muncul karena tradisi pernikahan Indonesia yang identik dengan pesta besar dan mengundang banyak tamu undangan. Jika tamu undangan tidak mengenal calon pengantin, maka mereka bisa datang dengan alasan mengenal pihak anggota keluarga yang tercantum dalam bagian “turut mengundang.”

SEBERAPA PERLU PENCANTUMAN BAGIAN “TURUT MENGUNDANG?”
Pada dasarnya, tidak ada aturan baku dalam pencantuman bagian turut mengundang termasuk siapa saja orang yang harus dimasukan dalam daftar ini. Bahkan, sah-sah saja jika kamu tidak menulis bagian ini demi menghemat kertas dan biaya percetakan kartu undangan.

Bila kamu bingung menentukan daftar nama ini, minta saran kepada pihak keluarga.Umumnya, hanya keluarga besar seperti keluarga yang dituakan dan tokoh masyarakat yang dikenal oleh pemangku hajat. Namun tak jarang juga penulis menemui kartu undangan dengan daftar nama dari pihak peer group kedua calon pengantin.