Bingung Menentukan Mahar Pernikahan, Simak Tips Berikut Ini

Tips bagaimana menentukan mahar untuk pernikahan
Tips bagaimana menentukan mahar untuk pernikahan

Tips bagaimana menentukan mahar untuk pernikahan-   Mahar pernikahan menjadi salah satu faktor penting yang tidak bisa dipisahkan dengan akad nikah. Dengan pemberian mahar tersebut maka pernikahan antara pria dan wanita bisa terwujud. Hanya saja saat pertama kali menentukan mahar apa yang bisa diberikan kepada pasangan, seringkali mengundang kebingungan

Karena itu tidak jarang banyak pasangan yang terlalu fokus memikirkan pemberian mahar ini sehingga lupa untuk mempersiapkan yang lainnya termasuk rencana resepsi pernikahan.

Nah agar tidak seperti itu maka berikut ini adalah tips mudah untuk menyiapkan mahar pernikahan :

Lihat bujet Anda

Bujet adalah faktor penting saat menyiapkan mahar. Lihat kembali kemampuan bujet Anda dan jangan paksakan diri untuk memberikan mahar yang nilainya melebihi bujet yang sudah Anda siapkan.

Jangan gengsi dan malu buat mengatakan ini kepada pasangan. Yang terpenting coba  yakinkan pada pasangan Anda bahwa ada yang lebih penting selain menyiapkan mahar yang juga perlu dipikirkan bersama.

Memang yang lebih baik adalah memberikan mahar yang tinggi tapi jangan sampai Anda berhutang untuk memberikan mahar kepada pasangan Anda tersebut. Sesuaikan saja dengan kemampuan bujet Anda…

Bicaralah dengan pihak perempuan

Biasanya mahar itu ditentukan oleh laki-laki dan wanita tinggal menerima pemberian maharnya saja. Namun di kasus lain ada juga mahar yang diminta oleh calon istri. Karena itu sebelum membeli mahar maka tidak ada salahnya Anda dan pasangan Anda berdiskusi bersama untuk menentukan jenis mahar apa yang akan diberikan. Bila sudah bersepakat maka tentunya akan semakin melegakan perasaan kalian berdua.

Apa konsep dan misi Anda

Ini sangat filosofis. Ternyata ada juga yang menganggap bahwa pemberian mahar itu harus dihubungkan dengan visi misi dalam hidup seseorang. Jika Anda termasuk menganut paham itu, maka Anda bisa dengan mudah menentukan barang apa yang cocok untuk dijadikan mahar tentunya dengan makna filosofis tadi ya…

Jangan ikut-ikutan orang lain soal pemberian mahar

Tidak perlu menjadi follower saat memberikan mahar apalagi sampai ikut-ikutan orang lain. Anda memiliki gaya sendiri yang unik dan berbeda. Percaya diri saja dengan pemberian mahar dari Anda tersebut. Beranilah untuk mengikuti pendapat Anda sendiri tentunya setelah berdiskusi dengan pasangan.
Tapi yang terpenting adalah jangan memaksakan diri dan jangan berlebih-lebihan. At the end happy wedding ya…